Breaking News

Mewujudkan Satu Data Indonesia: Kota Padang Siapkan Fondasi Data Sektoral yang Terintegrasi dan Akurat

Sekdako Padang Andree Algamar 

D'On, Padang (Sumbar),-
  Dalam upaya mewujudkan Satu Data Indonesia, Pemerintah Kota Padang aktif mempersiapkan data statistik sektoral yang terintegrasi dan akurat. Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar, menjelaskan bahwa data tersebut tidak hanya bermanfaat untuk mengetahui tren masa depan, tetapi juga memudahkan penentuan prioritas dan evaluasi kegiatan.

Andree Algamar menyoroti pentingnya program satu data Indonesia yang bertujuan menghasilkan data akurat, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini diharapkan dapat memudahkan akses antarinstansi pusat dan daerah, melalui pemenuhan data, metadata, interperabilitas data, serta penggunaan kode referensi dan data induk.

"Pengaturan satu data Indonesia diharapkan dapat mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan, serta mendorong keterbukaan dan transparansi data," ujarnya dalam acara "Sosialisasi dan Pelatihan Pengajuan Rekomendasi Statistik, Pengusulan Standar Data Statistik, dan Penyusunan Metadata Statistik Sektoral Kota Padang" yang diadakan pada Kamis, 25 Januari 2024.

Dalam harapannya kepada perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selingkungan Pemerintah Kota Padang, Andree Algamar menekankan pentingnya menyajikan data sektoral secara terintegrasi. Tujuan utamanya adalah agar data ini dapat dipertanggungjawabkan, valid, dan mengurangi kesalahan dalam perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi untuk perbaikan di masa depan.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Kepala BPS Kota Padang, Alfianto, dan diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam mendukung visi Satu Data Indonesia yang dikejar oleh pemerintah.

(Mond)


#BPS #Padang