Breaking News

7 Tips Ampuh Mengeluarkan Air Hujan dari Ponsel

Ilustrasi ponsel terkena air 

Dirgantaraonline.co.id,-
Di musim hujan ada saja masalah yang sering terjadi selain banjir, yaitu ponsel yang terkena air. Kondisi ini memiliki potensi untuk merusak komponen dalam ponsel.

Saat ini berbagai ponsel cerdas memang sudah dilengkapi dengan fitur tahan air, tetapi bagi mereka yang tidak memilikinya bisa menjadi masalah serius.

Jika ponsel terkena air, kemungkinan besar speaker hingga layar juga akan mengalami gangguan. Untuk itu, berikut ini tujuh tips mengeluarkan air dari ponsel yang bisa Anda coba.

1. Matikan ponsel segera
Jangan coba-coba menekan tombol atau membuka aplikasi. Lepaskan casing jika ada dan keluarkan baterai jika ponsel Anda memiliki baterai yang dapat dilepas.

2. Keringkan ponsel dengan menggunakan penyedot debu
Gunakan penyedot debu dengan pengaturan tertinggi untuk menghilangkan air dari semua komponen ponsel. Hindari menggunakan hair dryer.

Hal ini karena panas yang dihasilkan oleh hair dryer dapat meningkatkan risiko kerusakan pada komponen ponsel.

3. Rendam ponsel di dalam beras
Langkah ini bisa membantu menyerap air dari ponsel. Cukup rendam ponsel dalam wadah berisi beras semalaman dan periksa kembali speaker ponsel setelah itu.

4. Posisikan secara vertikal
Posisikan ponsel secara vertikal untuk mengeluarkan air dari speaker. Pastikan ponsel berdiri secara vertikal agar air yang masuk ke dalam speaker dapat keluar dan menghindari kerusakan pada bagian lain.

5. Rendam dengan gel silika
Gunakan gel silika sebagai alternatif beras. Dengan cara rendam ponsel dalam gel silika yang juga efektif menyerap air.

6. Gunakan aplikasi pengering speaker
Pertimbangkan aplikasi pengering ponsel. Anda bisa mencoba untuk mengunduh aplikasi seperti 'Speaker Cleaner' di toko aplikasi ponsel Anda, misalnya saja Android di Google Play Store, dan untuk iPhone di App Store.

Hal ini bertujuan untuk membersihkan air dari ponsel melalui speaker.

7. Servis total
Setelah ponsel kering, nyalakan dan perhatikan. Jika tidak ada kerusakan, Anda dapat menggunakan ponsel kembali. Namun, jika ada masalah, sebaiknya bawa ponsel ke tempat servis ahli untuk segera diperbaiki.


(Rini)

#Tekno #PonselTerkenaAir #tip #global