Breaking News

Penting Diperhatikan! Berikut 3 Penyebab Seseorang Mengalami Lentigo

Ilustrasi Lentigo

Dirgantaraonline.co.id,-
Pernah mendengar istilah Lentigo? Lentigo sendiri merupakan kondisi dimana kulit, khususnya kulit pada bagian wajah dipenuhi atau muncul bercak-bercak berwarna kecoklatan atau hitam. Melansir dari laman halodoc.com, kondisi ini umumnya muncul kepada orang-orang yang telah berusia lanjut, meskipun dalam beberapa kasus juga ditemui pada orang-orang yang berusia antara 20-40 tahun.

Lentigo sejatinya bukanlah sebuah kondisi yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Namun, munculnya bercak-bercak kecoklatan dan cenderung hitam tersebut tentunya sangat menganggu penampilan seseorang. Ada beberapa hal yang ternyata dapat menyebabkan lentigo pada kulit seseorang. Berikut ini merupakan 3 penyebab seseorang mengalami kondisi lentigo pada bagian kulitnya.

1. Proses Penuaan Alami

Seperti yang dijelaskan di atas, lentigo umumnya seringkali ditemui pada orang-orang tua atau orang-orang yang berusia lanjut antara usia 40-60 tahun ke atas. Melansir dari artikel berjudul “Brown Spots and Birthmarks”, lentigo merupakan bagian dari proses penuaan alami pada tubuh manusia, khususnya pada bagian kulit.


Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, beberapa organ tubuh juga akan mengalami perubahan secara struktural, salah satunya adalah kulit. Kulit akan mengalami perubahan secara struktural dan fungsional yang akan memunculkan bercak-bercak kecoklatan yang cenderung menghitam. Salah satu penyebabnya adalah menumpuknya melanosit, yakni sel yang bertanggung jawab untuk memproduksi melanin yang menjaga warna kulit.

2. Perubahan Lingkungan dan Paparan Sinar UV Berlebih

Salah satu hal yang dapat menyebabkan terjadinya lentigo pada seseorang adalah perubahan linkungan serta paparan sinar UV berlebih. Melansir dari artikel yang terbit dalam “American Academy of Dermatology”, paparan sinar UV secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama dapat memicu kelainan pada pigmen kulit dan menyebabkan munculnya lentigo pada wajah.

Selain itu, perubahan lingkungan yang dapat memicu munculnya polutan bebas juga dapat mempengaruhi kondisi pigmentasi kulit yang dapat menimbulkan bercak-bercak hitam pada permukaan kulit. Bahkan, paparan polusi tingkat tinggi yang terjadi pada beberapa daerah juga dapat membuat kondisi lentigo kian parah dan tidak hanya menyerang wajah, tetapi juga area kulit tubuh lainnya.

3. Faktor Genetik

Salah satu faktor lainnya dalam menyebabkan lentigo adalah terdapat faktor genetik khusus yang diturunkan. Melansir dari laman halodoc.com, apabila ada seseorang yang memiliki riwayat kondisi lentigo pada dirinya atau orang tuanya, maka kemungkinan besar kondisi tersebut akan diwarsikan kepada keturunannya kelak. Hal ini erat kaitannya dengan kondisi resistensi kulit dalam menerima paparan sinar UV secara langsung dan dalam tempo tertentu.

Nah, itulah beberapa penyebab seseorang mengalami lentigo. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

(Rini)

#Lentigo #Kesehatan #Global