Breaking News

Jurnalis Palestina Tewas Akibat Serangan Udara Israel di Gaza

Jurnalis Palestina tewas akibat serangan udara Israel (Foto: Anadolu Agency)

D'On, Gaza,-
Seorang jurnalis lepas yang bekerja untuk kantor berita Turki Anadolu terbunuh di Gaza pada Jumat (1/12/2023), ketika serangan udara Israel dilanjutkan setelah gencatan senjata  jeda satu minggu.

Menurut Kantor Berita Anadolu kepada CNN, Montaser Al-Sawaf adalah seorang juru kamera lepas yang berbasis di Jalur Gaza dan baru-baru ini pulih dari cedera yang dideritanya akibat serangan udara Israel lainnya pada November lalu sebelum dimulainya gencatan senjata sementara antara Israel dan Hamas.

Enes Canli, kepala biro Anadolu di Yerusalem, mengatakan kepada CNN bahwa Al-Sawaf telah kehilangan kedua orang tuanya dan anggota keluarga lainnya dalam serangan udara sebelumnya.

“Dia kehilangan ayah dan saudara laki-lakinya dalam serangan baru-baru ini. Dia terluka sangat parah dengan memar di wajahnya, satu matanya tertutup. Kami takut dia akan kehilangan matanya. Tapi dia pulih dengan cepat. Dia ingin tinggal di Kota Gaza dan melakukan perjalanan ke utara selama invasi tentara Israel,” terangnya.

Wartawan tersebut menderita luka yang lebih serius pada Jumat (1/12/2023) dan harus menunggu ambulans sekitar setengah jam sebelum dia diangkut ke rumah sakit Baptis Al-Ahli, di mana dia kemudian meninggal.

Canli mengingat Al-Sawaf sebagai pria yang pendiam dan pemberani, menyebutnya sebagai seorang yang berjiwa sangat lembut. “Dia adalah orang yang tenang dan pekerja keras, selalu memberikan dan memberikan secara berlebihan, bahkan jika Anda tidak memintanya,” terangnya.

Dia diketahui meninggalkan dua anak kecil.

“Saya berbicara dengannya dua atau tiga hari lalu dan dialah yang memotivasi saya, saya kesal dengan segalanya, dan dialah yang mencoba memotivasi saya,” lanjutnya.

Menurut Canli, Al-Sawaf ingin tinggal di pusat kota, menganggapnya sebagai kasus pribadi untuk memberitahu dunia tentang kondisi di Gaza dan bukan hanya jurnalisme.

Dalam salah satu postingan terbarunya di Instagram, Al-Sawaf memposting foto wajahnya yang berlumuran darah dan terluka, dengan satu matanya tertutup rapat.

“Rumah kami terkena serangan udara, lebih dari 45 orang tewas termasuk ibu saya, ayah saya, dua saudara laki-laki saya dan seluruh anak mereka,” tulisnya.

“Saya terluka di bagian wajah, tidak ada dokter yang merawat saya sejak saya berada di Gaza dan tidak ada rumah sakit atau dokter yang berfungsi. Kami akan tetap melanjutkan perlindungan kami apapun yang terjadi,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Komite Perlindungan Jurnalis mengatakan perang Israel dengan Hamas, yang menguasai Gaza, telah menjadi perang paling mematikan bagi jurnalis dalam beberapa dekade.

Setidaknya 57 jurnalis telah terbunuh sejak Oktober lalu, termasuk 50 jurnalis Palestina, empat jurnalis Israel, dan tiga jurnalis Lebanon.

Pada November lalu, koresponden TV Palestina Mohammad Abu Hattab terbunuh bersama 11 anggota keluarganya. Palestine TV mengatakan dia terbunuh oleh serangan udara Israel, sementara pihak berwenang Israel mengatakan pasukan mereka tidak beroperasi di daerah tersebut.


(sst)

#JurnalisTewas #KonflikIsraelHamas #Gaza #Internasional