Breaking News

Imbas Acara Munajat Kubro 212 Jalan Sekitar Monas Ditutup, Ini Rute Pengalihan Arus

Peserta Munajat Kubro Sudah Padati Monas, Arus Lalin Dialihkan 

D'On, Jakarta,-
Sejumlah jalan arteri di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, mengalami penutupan sementara karena adanya acara Munajat Kubro 212 pada Sabtu (2/12/2023) pagi.

Jalur yang ditutup meliputi Jalan Medan Merdeka Selatan, dimulai dari Tugu Tani menuju Tanah Abang. Arus lalu lintas dialihkan melalui rute alternatif melibatkan Jalan Medan Merdeka Timur, Jalan Perwira, Jalan Katedral, Jalan Veteran, Jalan Ir H Juanda, Jalan Suryopranoto, dan seterusnya.

Selain itu, penutupan juga berlaku untuk Jalan Medan Merdeka Utara. Arus lalu lintas dari Harmoni menuju Tugu Tani diarahkan untuk mengambil jalur alternatif melalui Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin, Jalan Kebon Sirih, dan seterusnya.

Masyarakat yang hendak menuju Jalan Medan Merdeka Utara dari Jalan Merdeka Timur diarahkan melalui Jalan Perwira.

Pengalihan rute juga berlaku bagi arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit yang akan dialihkan ke Jalan Juanda. Sementara itu, arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju Jalan Majapahit akan diteruskan ke Jalan Suryo Pranoto atau dialihkan ke Jalan Gajah Mada.

Rute dari Jalan Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan akan diteruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur. Arus dari Jalan Abdul Muis ke Budi Kemuliaan juga akan dialihkan ke Jalan Fachrudin.

Adapun pengalihan lainnya termasuk arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Museum yang sudah ditutup sejak pagi.

Demi mengurangi kepadatan di sekitar lokasi acara, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah menyiapkan 18 tempat parkir di sekitar lokasi acara, dengan total 7.525 tempat parkir untuk sepeda motor, 3.402 tempat parkir untuk mobil, dan 83 tempat parkir untuk bus.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengingatkan masyarakat untuk mencari jalur alternatif jika memiliki keperluan di sekitar lokasi tersebut, terutama bagi pengguna kereta api jarak jauh yang akan menuju Stasiun Gambir.

"Saya mengimbau para penumpang kereta api jarak jauh yang menuju Stasiun Gambir agar memperhatikan penyesuaian waktu perjalanan mereka," ujar Syafrin pada Jumat (1/12/2023).

Dari pantauan, peserta acara sudah membanjiri kawasan Monas dengan membawa berbagai atribut, termasuk bendera Indonesia, bendera Palestina, dan simbol-simbol lainnya.


(B1)

#Reuni212 #MunajatKubro #Monas #PA212