Breaking News

Cak Imin Tak Bisa Menjawab, Ini Arti SGIE dan Peringkat Indonesia

Cak Imin dan Gibran di acara Debat Cawapres 2024, 

D'On, Jakarta,- 
Dalam debat cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka sempat bertanya kepada cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tentang strategi menaikkan peringkat Indonesia di SGIE.

Bukannya menjawab, Cak Imin lalu bertanya balik mengenai arti SGIE tersebut.

"Terus terang SGIE saya tidak paham, SGIE itu apa?" kata Cak Imin yang mengaku tidak pernah mendengar istilah SGIE.

Gibran lalu menjelaskan bahwa SGIE ialah State of the Global Islamic Economy, yang berkaitan dengan perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

"Kita kan sedang fokus mengembangkan ekonomi syariah, keuangan syariah, otomatis kita harus mengerti juga masalah SGIE. SGIE itu adalah State of the Global Islamic Economy. Misalnya, sekarang yang sudah masuk 10 besar adalah makanan halal kita, skin care halal kita, mohon maaf, kalau pertanyaan agak sulit ya Gus," kata Gibran.

Berdasarkan data State of the Global Islamic Economy Report 2021-2022, ekonomi dan keuangan syariah Indonesia berada di posisi empat di bawah Malaysia, Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab (UEA).

Posisi Indonesia ini masih lebih baik dibandingkan Turki, Bahrain, Singapura, Iran, Yordania, Oman, Qatar, Inggris, Kazakhstan dan Pakistan yang menduduki peringkat lima hingga 15.

Untuk kategori islamic finance, Indonesia ada di peringkat enam, halal food peringkat dua, modest fashion peringkat tiga, kosmetik dan farmasi peringkat sembilan.


(B1)

#SGIE #DebatCawapres2024 #Pemilu2024 #Politik

No comments