Breaking News

Berikut 5 Fakta Debat Capres 2024 yang Digelar di Kantor KPU

Debat Capres 2024

D'On, Jakarta,-
Debat Capres 2024 digelar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

Debat capres 2024 mengambil tema hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, pelayanan publik dan kerukunan warga.

Debat diatur dan dirancang oleh KPU untuk memberikan kesempatan kepada capres dan cawapres untuk menyampaikan visi, misi, serta program kerja mereka kepada masyarakat.

Debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 bisa menjadi salah satu tahap krusial dalam memahami dan mengevaluasi calon-calon yang akan memimpin negara.

Dalam penyelenggaraan debat capres 2024, terdapat beberapa hal yang menjadi sorotan. Berikut ini deretan fakta debat capres 2024.

1. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak hadir dalam debat capres 2024
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dipastikan tidak menghadiri pelaksanaan debat capres 2024. Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Megawati tak datang ke acara debat karena sedang menghadiri wisuda cucunya di Australia.

Meskipun demikian, para ketua umum partai politik pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD lainnya dipastikan hadir, yaitu Plt Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang atau OSO.  

2. Sejumlah penyanyi tanah air meriahkan acara debat capres 2024
Dari daftar acara ajang tersebut, ada sederet penyanyi yang bakal menghibur, yaitu Putri Ariani, Dewi Gita, Iwan Abdie, Lala Widy, Lucky Oktravian, Ari Sanjaya, dan Trio Pria.

Lagu-lagu yang dibawakan beragam, dari lagu lawas Rame-rame ciptaan Christ Kaihatu, hingga lagu Aku Bingung yang pernah dinyanyikan 2D, Dhedy Dukun dan Dian Pramanapoetra. Sedangkan, Putri Ariani menyanyikan lagu ciptaannya sendiri Permata Indah DuniaLonelines, dan Mimpi ciptaan Puzhao.

3. Terdapat lima Segmen dalam debat

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menjelaskan teknis jalannya debat tersebut. Sebagai contoh salah satu paslon mendapatkan pertanyaan acak dari panelis yang akan disampaikan kepada lawan. 

Ia melanjutkan bahwa dalam Segmen 1, atau sebelum debat akan diawali dengan penyampaian visi-misi paslon. Sementara untuk Segmen 2 sampai 5 adalah debat para paslon, dan Segmen akhir diisi dengan pernyataan penutup atau closing statement

Adapun untuk durasi debat akan berjalan selama 150 menit. Meski demikian, durasi khusus debatnya 120 menit atau 2 jam. Akan ada 6 Segmen yang dipisah dengan jeda iklan. Pada masing-masing Segmen, para penyelia berhak memberi tiga pertanyaan ke para capres.  

4. Panelis dan moderator debat capres 2024 jalani karantina selama dua hari
Melalui  keterangan resminya, KPU menggelar rapat koordinasi fasilitasi pelaksanaan debat pertama pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024, di Jakarta. Pada acara tersebut, setiap panelis dan moderator menjalani proses karantina dan menandatangani pakta integritas dalam rangka menegakkan komitmen, netralitas, dan integritas pelaksanaan debat.

Debat perdana ini akan dipandu oleh dua moderator, yakni Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel. Sementara 11 panelis debat yaitu, Mada Sukmajati (pakar ilmu politik UGM), Rudi Rohi (pakar Ilmu politik Universitas Nusa Cendana Kupang/Undana), Lita Tyesta (ahli hukum tata negara Universitas Diponegoro/Undip), Khairul Fahmi (pakar hukum Universitas Andalas/Unand), Agus Riewanto (pakar hukum tata negara Universitas Sebelas Maret Surakarta/UNS), Susi Dwi Harijanti (pakar hukum tata negara Universitas Padjadjaran/Unpad), Bayu Dwi Anggono (guru besar Hukum di Universitas Jember/Unej), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM periode 2017-2020), Al Makin (guru besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga), Gun Gun Heryanto (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), dan Wawan Mas'udi (pakar politik, Dekan Fisipol UGM).
  

5. Polisi menempatkan kendaraan taktis sebagai pengamanan khusus
Polisi menempatkan kendaran taktis sebagai langkah pengamanan khusus guna mengantisipasi potensi ancaman selama debat capres-cawapres Pemilu 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro, menjelaskan bahwa penggunaan kendaraan taktis dalam pengamanan tersebut disesuaikan dengan potensi ancaman yang mungkin muncul, termasuk potensi unjuk rasa massa, ancaman teror, dan situasi lainnya.

Selain penggunaan kendaraan taktis, Susatyo menekankan pentingnya menjaga keamanan dan kenyamanan bersama selama debat. Pihak kepolisian juga akan memantau kehadiran massa pendukung yang tidak memiliki identifikasi resmi.

Selain pengamanan di sekitar KPU, ribuan personel keamanan akan disebar di beberapa titik strategis seperti Bundaran HI, Jalan Imam Bonjol, Jalan HOS Cokroaminoto, dan sekitarnya. Dalam upaya pengamanan, polisi telah mengerahkan 2.120 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, dan instansi terkait.

(B1)

#DebatCapres #KPU #Pilpres2024 #Pemilu2024 #FaktaDebatCapres