Breaking News

5 Manfaat Es Batu untuk Kesehatan

Ilustrasi cedera lutut 

Dirgantaraonline.co.id,-
Es Batu bukan hanya untuk mendinginkan minuman, tetapi juga mempunyai manfaat kesehatan dan penanganan sejumlah gejala penyakit.

Es batu dijadikan alternatif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan karena mudah ditemukan, efektif, dan tidak mengandung bahan kimia.

Dilansir dari laman thehealthsite, berikut manfaat es batu untuk kesehatan.

1. Mengurangi pembengkakan
Es batu membantu mengurangi pembekakan otot dan menyempitkan pembuluh darah sehingga memperlambat peradangan pada tubuh. 

Cara menggunakannya, bungkus empat hingga lima es batu dengan kain dan tempelkan di area yang cidera selama 20 menit. Ulangi proses ini setiap jam agar mendapat hasil optimal. Jangan menempelkan es langsung pada kulit, karena dapat menyebabkan radang dingin.

2. Meredakan rasa sakit
Rasa sakit akibat kram otot atau bekas suntikan bisa dihilangkan dengan es batu.

Cara Pemakaiannya, Untuk nyeri akibat suntikan, ambil es batu lalu usapkan pada telapak tangan dan letakkan tangan pada area tersebut (tepuk-tepuk perlahan pada area tersebut). Sedangkan untuk nyeri otot, gosokkan es batu pada area yang terkena. Lakukan setidaknya tiga kali sehari selama tiga hari untuk hasil optimal. 

3. Membantu dalam pengobatan wasir
Salah satu manfaat es batu adalah untuk mengobati peradangan dan pembengkakan termasuk pada penderita wasir.

Untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada anus, kompres es batu dapat membantu mengurangi pembengkakan. Namun pastikan es batu untuk kompres dilapisi kain lembut untuk mencegah iritasi kulit.

4. Mengurangi sakit gigi
Es batu dipercaya dapat meredakan sakit gigi. Mengoleskan es batu pada area sensitif akan menurunkan kepekaan saraf dan gusi selama beberapa waktu dan memberikan sensasi nyaman pada bagian tubuh yang sakit.

5. Mengurangi lingkaran hitam
Lingkaran hitam dan bengkak pada mata dapat diobati secara efektif dengan bantuan es batu. Hal Ini karna es batu mampu menyempitkan pembuluh darah, menjaga kulit tetap utuh dan mengurangi kegelapan. Es batu juga mampu memerangi kulit kusam dengan melembapkan kulit.


(Rini)

#Kesehatan #Global #EsBatu