Breaking News

4 Efek Pinjol Terhadap Kesehatan Mental dan Fisik

Ilustrasi Depresi 

Dirgantaraonline.co.id,-
Mari ketahui 4 efek pinjol terhadap kesehatan mental dan fisik yang wajib untuk diwaspadai. Dengan begitu dapat dipertimbangkan penggunaan pinjaman online dengan lebih bijaksana.

Sebelum mengambil pinjol, pertimbangkan dengan cermat kebutuhan dan kemampuan Anda untuk membayar. Selalu merencanakan kegiatan dengan baik.

Berikut adalah 4 efek pinjol terhadap kesehatan mental dan fisik melansir Dept.org, Minggu (26/11/23):

1. Stres Finansial yang Tinggi

Salah satu efek utama dari menggunakan Pinjol adalah meningkatnya stres finansial yang dialami oleh pihak peminjam. Pinjaman online seringkali memiliki suku bunga yang tinggi dan jangka waktu pembayaran singkat. Hal ini dapat menyebabkan tekanan finansial yang berat.

Penelitian yang diterbitkan dalam Aging & Mental Health edisi Oktober 2020. Ditemukan bahwa untuk setiap USD 10.000 utang kartu kredit, kemungkinan peminjam akan melaporkan kesulitan membayar tagihan bulanan meningkat sebesar 65%.

Kemungkinan mereka melaporkan masalah keuangan yang sedang berlangsung meningkat 50%. Sekitar 40% konsumen mengatakan bahwa pinjol mempengaruhi kebahagiaan mereka.

2. Menderita Debt-Anger Syndrome.

Pinjol yang tidak terkendali dapat menyebabkan penurunan kesejahteraan emosional. Peminjam cenderung mudah marah dan tersinggung atau dikenal dengan debt-anger syndrome.

Kemarahan pada kreditor yang terus mengirimkan surat hutan akan berimbas kepada keluarga dan orang sekitar.

Debt-anger syndrome dapat merusak hubungan peminjam dengan orang sekitar. Selain itu, memiliki fisiologisnya juga dapat menyebabkan migrain, penyakit jantung, dan menurunkan daya tahan terhadap infeksi.

3. Gangguan Kesehatan Mental

Penggunaan Pinjol yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental serius. Beban finansial berkepanjangan dan sulit untuk ditangani dapat menyebabkan gangguan kecemasan, depresi, dan stres kronis.

Kaiser Family Foundation (KFF) tahun 2020 menemukan bahwa rumah tangga yang terlibat pinjaman online mengalami dampak buruk bagi kesehatan mental mereka. Penyebabnya tentu karena penurunan ekonomi dan pendapatan untuk membayar cicilan pinjol.

4. Dampak Negatif pada Kesehatan Fisik

Selain efek pada kesehatan mental, efek Pinjol juga menyerang kesehatan fisik Anda. Stres berkepanjangan dapat menyebabkan masalah tidur, penurunan sistem kekebalan tubuh, dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, ketika seseorang terjebak dalam siklus utang yang sulit untuk diatasi, mereka mungkin mengalami kekurangan gizi atau mengorbankan kebutuhan kesehatan lainnya.

Demikian 4 efek pinjol terhadap kesehatan mental dan fisik.


(Rini)

#Pinjol #KesehatanMental #Global #gayahidup #Lifestyle