Breaking News

7 Faktor Penyebab Stroke yang Perlu Diwaspadai

Ilustrasi Stoke

Dirgantaraonline.co.id,-
 Stroke atau strok dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda. Biasanya, orang lebih mengetahui penyebab stroke karena darah tinggi, tetapi ada faktor lain yang perlu dipahami.

Penyakit ini bisa terjadi ketika aliran darah ke otak terhambat, yang dapat merusak sel-sel otak dalam waktu singkat. Untuk mencegah stroke, Anda harus memahami penyebabnya. Berikut tujuh faktor penyebab terjadinya stroke.

Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi, yang biasanya lebih dari 130 per 80, adalah penyebab umum terjadinya penyakit stroke.

Merokok
Merokok juga dapat meningkatkan risiko stroke karena nikotin meningkatkan tekanan darah dan asap rokok dapat menyebabkan penumpukan lemak di arteri leher.

Diabetes
Diabetes dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan obesitas, yang merupakan faktor risiko stroke.

Obat
Beberapa obat, seperti obat pengencer darah, yang seharusnya mencegah penggumpalan darah, dapat meningkatkan risiko stroke melalui pendarahan.

Usia
Serangan stroke pada umumnya, bisa dialami oleh seseorang yang memiliki usia di atas 55 tahun.

Keluarga
Penyakit stroke ternyata termasuk salah satu penyakit yang dapat diturunkan oleh keluarga. Stroke biasanya terjadi karena penyakit turunan, seperti darah tinggi, diabetes, dan kelainan genetik yang menghambat aliran darah ke otak.

Jenis Kelamin
Ternyata, jenis kelamin berpengaruh terhadap risiko terkena stroke. Wanita memiliki risiko lebih rendah terkena stroke dibandingkan pria.


(Rini)

#Stroke #PenyebabStroke #Kesehatan #global #gayahidup #lifestyle


No comments