Breaking News

Waspada! Kenali Tanda-tanda WhatsApp Disadap

Ilustrasi WhatsApp Disadap

Dirgantaraonline.co.id,-
WhatsApp melakukan banyak hal untuk menjaga privasi dan keamanan data penggunanya. Platform ini relatif aman dengan fitur-fitur seperti login satu per satu dan autentikasi dua faktor.

Namun apa pun yang terhubung ke internet memiliki kerentanan keamanan. Karena sifat WhatsApp, penting bagi penggunanya untuk bertindak cepat jika menemukan akunnya telah dilanggar.

Mengutip dari laman Alphr, Kamis, 17 Agustus 2023, berikut ini adalah cara menemukan aktivitas mencurigakan di WhatsApp dan bagaimana cara mengamankan akun.

• Masuk ke Akun WhatsApp Untuk lebih memahami cara kerja keamanan WhatsApp, pertama-tama untuk masuk ke akun Anda. WhatsApp menyediakan dua cara untuk mengaksesnya yakni melalui iOS WhatsApp atau aplikasi Android WhatsApp.

1. Buka sesi Web WhatsApp di tablet atau ponsel dengan mengetuk ikon menu elipsis vertikal (tiga titik vertikal) di jendela utama WhatsApp.

2. Pilih Web WhatsApp. Menu ini akan membuat platforn membuka kamera untuk digunakan pada langkah berikutnya.

3. Pengguna akan diarahkan untuk memindai kode QR, yang bisa didapatkan dengan membuka WhatsApp Web di browser. 

4. Pindai kode QR di jendela browser menggunakan kamera perangkat. Cobalah untuk mengetik pesan menggunakan keyboard PC. Jendela WhatsApp di ponsel harus sesuai dengan yang Anda lihat di browser, memungkinkan pengguna untuk mengobrol dan berinteraksi.

• Periksa apakah seseorang menyadap WhatsApp

WhatsApp relatif mudah digunakan. Sayangnya, sulit menemukan penyelundup jika mereka tidak berinteraksi dengan aplikasi.  Skenario ini kemungkinan besar digunakan oleh aktor yang hanya ingin menguping percakapan. Meski begitu ada juga peretas yang ingin mengambil alih akun.

1. Periksa Aktivitas WhatsApp

Saat membuka WhatsApp, pertama-tama pengguna akan melihat daftar pesan. Tinjau daftar ini untuk setiap pesan yang tidak pernah Anda kirim atau terima dari orang yang tidak dikenal.

2. Periksa informasi kontak Anda

Jika penyusup mencoba membajak akun, mereka akan mulai mengubah informasi kontak. Ketuk elipsis vertikal (tiga titik vertikal) di pojok kanan atas smartphone, kemudian Setelan, lalu Profil. Tinjau informasi dan verifikasi bahwa akun masih akurat dan terkini. 3. Jika ada yang berubah, atau ada informasi yang tidak dikenali, user harus mengamankan akun. Ikuti langkah-langkah di bagian selanjutnya tentang penggunaan verifikasi dua langkah.

4. Periksa pesan dari WhatsApp.  Cari pesan dengan mengetik di bilah pencarian di bagian atas iPhone atau menggunakan kaca pembesar di Android. Cari pesan tentang 'perubahan atau akses akun'.

5. Periksa kontak

Tinjau kontak di WhatsApp dengan membuka aplikasi dan mengetuk ikon Obrolan di pojok kanan bawah. Pastikan bahwa tidak ada teman baru yang tidak dikenal yang muncul di daftar.

6. Periksa sesi obrolan

Masuk ke jendela obrolan kemudian ketuk ikon menu elipsis vertikal (tiga titik vertikal). Pilih 'Perangkat tertaut'. Tinjau daftar 'Terakhir aktif' untuk perangkat yang tidak dikenal. Jika menemukan perangkat yang tidak dikenal, ketuk dan pilih Keluar. Tidak seperti layanan lain, langkah-langkah di atas adalah satu-satunya cara untuk melihat aktivitas login WhatsApp.

(VV)

#WhatsApp #Tekno #global 


No comments