Breaking News

Siapkan Generasi Emas dan Berakhlak, Pemko Padang Adakan Sumarak Juzz 30


D'On, Padang (Sumbar),-
Menyiapkan generasi emas dan berakhlak, Pemko Padang melaksanakan program Sumarak Juzz 30 yang diikuti oleh siswa-siswi SD dan SMP Kota Padang, di Youth Center, Senin (22/5/2023). 

Wali Kota Padang Hendri Septa menyebutkan program ini juga bertujuan untuk menyemarakkan tabiat atau kebiasaan generasi muda dalam menghafal Al-quran. Pendidikan formal menurutnya, merupakan salah satu wadah yang mampu membantu mengaplikasikan kebiasaan ini sedari kecil.

"Insha Allah ini akan menjadi kebiasaan bagi anak-anak generasi penerus bangsa. Semoga kegiatan ini tidak sekadar mencari nilai, tapi betul-betul untuk menghafal dan menerapkan nilai-nilainya. Minimal juzz 30 menjadi bacaan anak saat salat," katanya di hadapan ratusan guru dan kepala sekolah yang hadir. 

Kegiatan yang dilaksanakan sejalan dengan Hari Kebangkitan Nasional itu, mengingatkan kembali proses para pejuang 115 tahun yang lalu dalam memperjuangkan hak bangsa. Hendri menuturkan perjuangan para pahlawan dengan usaha dan doa hingga bangsa Indonesia merdeka.

"Tentu dengan harapan leluhur ini, yang perlu kita siapkan adalah generasi soleh dan soleha penghafal Alquran. Kita persiapkan dari sekarang. Harapan kita, sebanyak lebih kurang 125.000 siswa SD dan SMP di Kota Padang mampu mengaplikasikan menghafal Al-quran," ucapnya. 

Sebelumnya, program tahfizh Al-quran pihaknya juga telah mewisuda sebanyak 1.063 siswa siswi SD dan SMP Kota penghafal Al-quran juzz 30. Wisuda tersebut katanya akan tetap menjadi agenda tahunan pendidikan Kota Padang. 

Sebab, dengan adanya agenda itu akan memantik semangat siswa dalam menghafal Al-quran.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Yopi Krislova menyampaikan agenda itu diikuti oleh sebanyak 274 SD negeri maupun swasta dan sebanyak 33 SMP yang ada di Kota Padang.

"Setiap sekolah mengirim perwakilan 5 peserta dalam agenda ini. Mari kita bimbing anak-anak dalam menghafal Al-quran agar terhindar dari hal negatif di masa depannya." sebutnya.

Selain itu, tampak hadir dalam agenda itu Kepala BPSDM Kota Padang Arfian, Kabag Kesra Fuji Astomi. Sumarak Juzz 30 juga didukung oleh salah satu televisi lokal dan penerbit Airlangga. 

(DA / Ch)


#Padang