Breaking News

Bimtek Jitu Pasna, Wawako Ekos Albar Harap Masyarakat Peduli Bencana


D'On, Padang (Sumbar),-
Wakil Wali Kota Padang Ekos albar membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) yang berlangsung di ruangan Abu Bakar Ja'ar, Balaikota Padang, Selasa (16/05/2023). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang sadar dan peduli terhadap bencana serta dapat melakukan pengkajian dan perhitungan pasca bencana

Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar saat memberi sambutan mengatakan bahwa Kota Padang yang merupakan ibu kota provinsi Sumatera Barat memiliki berbagai macam potensi bencana.

"Secara geografis, sebagaimana kita tahu bahwa Kota Padang memiliki potensi bencana alam, seperti banjir, angin puting beliung, tsunami, gempa dan bencana lainnya," katanya.

Ekos Albar lebih lanjut mengatakan penanggulangan bencana merupakan prioritas bagi Pemerintah Kota Padang untuk  membangun ketahanan masyarakat yang siap menghadapi bencana.

"Melalui Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan untuk melakukan pengkajian dan perhitungan pascabencana. Sehingga dapat menciptakan masyarakat yang sadar dan peduli bencana," jelasnya.

Menurutnya lagi, dengan bimtek ini dapat mengkaji kerusakan dan kerugian fisik atau non fisik, sehingga peserta yang mengikuti bimtek dapat mengaplikasikan ilmunya dengan baik. 

"Pemko berharap dengan kegiatan ini bisa meningkatkan kemampuan untuk siap mengahadapi bencana," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kota Padang Robert Candra Eka Putra mengatakan setelah bimtek ini akan dibentuk tim yang akan bergerak untuk melakukan pengkajian dan penghitungan apa saja  dampak dari  bencana tersebut.

"Adanya kegiatan ini sebagai langkah antisipasi  untuk lebih siap menghadapi bencana," ucapnya.

Adapun bimtek akan berlangsung dari tanggal 16-17 Mei yang diikuti oleh perwakilan OPD di Pemko Padang.

 (MA / Charlie)


#JituPasna #Bencana #Padang

No comments