Breaking News

Ganjar Pranowo Resmi jadi Capres PDIP


D'On, Bogor (Jabar),-
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo resmi menjadi Calon presiden dari PDIP. Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Bogor.

"Maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismilahirohmanirrohim, Saudara Ganjar Pranowo, sekarang adalah Gubernur Jateng sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasanya menjadi calon presiden," ujarnya.

Selain menunjuk Ganjar Pranowo, Megawati juga menugaskan Prananda Prabowo untuk melakukan monitoring dinamika politik nasional.

"Selanjutnya saya menugaskan mas prananda prabowo selaku kepala situation room dengan memberi mandat untuk melakukan monitoring dinamika politik nasional gimana konsolidasi partai dijalankan dan pemenangan untuk pemilu 2024," ujarnya.

Selain itu, Puan Maharani juga diberi mandat untuk membentuk tim yang dibutuhkan dalam rangka pemenangan pemilihan presiden.

"Demikian dengan Mbak Puan Maharani, Ketua DPP bidang politik sekaligus Ketua DPR RI setelah sebelumnya saya memberi tugas untuk bertemu rutin dengan Presiden Jokowi dan berdialog dengan partai politik, maka saya juga memberi mandat penugasan pada Mbak Puan membentuk tim yang dibutuhkan guna memenangkan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif tahun 2024," ujarnya.

Untuk diketahui, menurut pakar dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad, PDI Perjuangan punya modal besar jadi pemimpin koalisi jika mau usung Ganjar Pranowo jadi capres.

"Salah satu tokoh potensial yang menjadi calon presiden yakni Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah ini merupakan kader PDIP," kata dia.

Ia menambahkan, ada dua alasan lain yakni PDIP adalah partai pemerintah yang saat ini kadernya menjadi presiden yakni Joko Widodo.

"PDIP adalah partai terbesar di parlemen dan berpotensi kembali menjadi partai pemenang pemilu," ungkapnya.

Menurut dia, PDI sangat berpeluang jadi pusat koalisi. Hal itu juga dikuatkan hasil survei SMRC yang memperlihatkan elektabilitas Ganjar kembali naik setelah sebelumnya turun.

“Tokoh yang memiliki tingkat elektabilitas tertinggi sekarang adalah kader PDIP, Ganjar Pranowo,” kata dia.


(*)

#Politik #Nasional #GanjarPranowo #Capres2024 #PDIP