Breaking News

Tampil Beda, Begini Pelaksanaan Pesantren Ramadhan di Padang Tajin 2023


D'On, Padang (Sumbar),-
Pesantren Ramadan 1444 Hijriyah merupakan ikhtiar Pemerintah Kota Padang dalam mewujudkan generasi berakhlak dan ketahanan spiritual. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Padang Fuji Astomi menyampaikan bahwa Pesantren Ramadan tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya.

"Tahun sebelumnya dibuka pada subuh di masjid dan musala terdekat tapi tidak diikuti langsung oleh orang tua, jadi orang tua pun tidak memahami petunjuk Pesantren Ramadan. Tahun ini akan diikuti oleh lebih kurang 90.000 siswa dan tersebar di 1.396 masjid, musalla dan rumah ibadah lainnya," katanya, tadi siang. 

Sementara untuk tahun ini pembukaan akan dilakukan ba'da isya atau sesudah tarawih berjamaah, dan orang tua diwajibkan hadir. Selama Pesantren Ramadan nanti, siswa akan melakukan tadarus dan pembekalan tahfizh Alquran.

Pesantren Ramadan sudah diluncurkan secara resmi oleh Walikota Padang Hendri Septa pada Rabu, (15/3/2023). Ia menambahkan pelajar tidak akan belajar ilmu pengetahuan umum, akan tetapi lebih belajar mengenai agama, ibadah, aqidah, akhlak, sesuai dengan kearifan lokal dan  adat istiadat.

"Siswa akan dilatih berinteraksi dengan masyarakat setempat. Sesuai dengan pendapat sebagian ulama, bulan Ramadan merupakan bulan karantina. Karantina dalam artian memperkuat hubungan dengan Allah dan juga hubungan sesama manusia atau hablun min-annas," katanya.

Tahun ini, sesuai kebijakan Pemerintah Provinsi Sumbar, sekolah tingkat SMA juga akan mengikuti Pesantren Ramadan. Sebelumnya, tingkat SMA hanya di sekolah bukan rumah ibadah.

"Sebenarnya ini kerisauan gubernur. Sejak kewenangan SMA pada tahun 2017 berpindah ke provinsi, seolah anak SMA tidak lagi cinta masjid. Ini tanggung jawab, kita menyambut baik sesuai harapan masyarakat. Pesantren Ramadan ini pendidikan berbasis kekeluargaan. Masjid musala diurus oleh warga sekitar," tuturnya lagi. 

Ia menyampaikan, diantara 19 kabupaten/kota yang ada di Sumbar, Kota Padang satu-satunya kota yang menerapkan Pesantren Ramadan di rumah ibadah terdekat. Sementara ia menyampaikan, melalui Forum RKPD 2024, pihaknya sudah mengusulkan pelaksanaan pesantren Ramadan tingkat SMA akan dinggarkan dan pelaksaan penuh bersama masyarakat. 

(DA / Charlie)


#PesantrenRamadan #Ramadan #Padang