Breaking News

Puskesmas Ambacang "GASPOL" Atasi Polio


D'On, Padang (Sumbar),-
Puskesmas Ambacang bergerak cepat menyelamatkan anak dari bahaya polio. Puskesmas yang terletak di Kecamatan Kuranji itu bahkan menggagas program GerAkan poSyandu Putus pOLio (GASPOL). 

"Kita sudah melakukan advokasi dan  membentuk tim untuk turun ke lapangan, kita juga sudah melakukan penguatan di posyandu yang dikenal dengan GerAkan poSyandu Putus pOLio (GASPOL)," kata Kepala Puskesmas Ambacang drg Riny Zulfianty, Jumat (17/3/2023). 

Diakuinya, Puskesmas Ambacang terus menggencarkan advokasi dan sosialisasi crash program polio dan penguatan imunisasi polio. Menurutnya, ada beberapa kiat dan usaha yang dilakukan agar mencapai target yang diharapkan. Sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap anak dari polio.

"Kita sudah mengoptimalkan dengan posyandu dan PAUD, karena ada posyandu yang terintegrasi dengan PAUD. Selain itu sudah melakukan  penyuluhan keliling empat hari sebelum pelaksanaan program crash polio dan itu sudah semuanya terjangkau," katanya.

Disebutkannya Puskesmas Ambacang juga  melakukan sweeping. Sweeping dilakukan ke rumah-rumah yang menjadi sasaran.

"Kita juga melakukan sweeping atau mengunjungi langsung sasaran ke rumah-rumah untuk melakukan pemberian imunisasi sekaligus mengedukasi warga," beber drg Riny Zulfianty.

Puskesmas Ambacang terus berupaya untuk mencapai target. Diakui cukup banyak kendala. Kendala itu di antaranya saat dibuka pelayanan posyandu, namun hanya beberapa yang datang. 

"Kita juga terus mengoptimalkan dengan mengadakan kegiatan menarik agar anak-anak mau diimunisasi, misalnya dengan memberikan balon agar mereka mau diimunisasi," terangnya.

Sasaran crash program polio di Puskesmas Ambacang sesuai dengan  Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) yaitu 3870 imunisasi BoPV dan 3617 imunisasi IPV. Untuk Imunisasi bOPV ditujukan untuk seluruh anak usia 0-59 bulan. Sedangkan imunisai IPV ditujukan untuk seluruh anak usia 4- 59 bulan.

Berdasarkan data hingga 16 Maret 2023 capaian crash program polio di Puskesmas Ambacang yaitu imunisasi BoPV baru tercapai 2099 dari 3870 sasaran. Sementara untuk imunisasi IPV baru tercapai 1213 dari 3617 sasaran.

Diketahui, Puskesmas Ambacang juga melakukan sosialisasi dan imbauan imunisasi polio melalui media sosial milik puskesmas tersebut. Seperti di platform media sosial Instagram dengan alamat @puskesmasambacang, maupun Facebook.

(MA / Charlie)


#GASPOL #polio #crashprogrampolio #kesehatan #puskesmas #padang


No comments