Breaking News

Diskusi Bersama Dubes RI untuk Ethiopia, Padang Siapkan Pelajar Menuju Go Global


D'On, Padang (Sumbar),-
Mempererat hubungan bilateral antara Indonesia-Ethiopia, Pemerintah Kota Padang mempersiapkan generasi muda dan pelajar menuju go global. 

Hal ini merupakan potensi yang diperoleh dari pertemuan Walikota Padang Hendri Septa bersama Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur di salah satu restoran di Padang, Selasa, (7/3/2023). 

Wali Kota Padang Hendri Septa mengaku sangat mendukung program ini, sebab hal ini berhubungan dengan visi misi pemerintah pusat dalam mewujudkan generasi emas 2045. 

Dalam mencanangkan pelajar menuju go global, pihaknya akan membangun komunikasi generasi muda Indonesia dan Ethiopia sejak usia dini. Meningkatkan pengetahuan pelajar SD dan SLTP di kedua negara tentang Indonesia dan Ethiopia, khususnya bidang sosial dan budaya.

"Kita sangat menyambut kolaborasi ini, untuk membangun komunikasi antara generasi muda Ethiopia dan Padang. Ini akan rutin menjadi ekstrakurikuler, kita akan diskusikan dengan Dinas Pendidikan. Harapan kita ke depannya ini akan menjadi cikal bakal untuk peningkatan kapasitas pelajar," ujar Walikota Hendri Septa yang juga didampingi Kabag Kerjasama Setda Kota Padang, Erwin.

Sementara, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur menyampaikan hubungan bilateral Ethiopia dan Indonesia dalam bidang pendidikan ini akan terus digerakkan dengan pemerintah daerah.

"Salah satunya Kota Padang, kita berharap dengan dukungan Walikota Padang kita bisa mendorong pelajar Indonesia dan Ethiopia untuk berbagi pengalaman masing-masing dalam rangka meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama," katanya.

Kemudian menciptakan “Young Ambassador" di kedua negara sebagai pondasi bangunan hubungan Indonesia-Ethiopia yang lebih baik dan kuat di masa depan.

Tidak hanya itu, Indonesia-Ethiopia Student Correspondence Program (IESCOP) atau program membina persahabatan pelajar Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan Pertama kedua negara melalui koresponden akan dipersiapkan pada tahun 2023. 

IESCOP 2023 menyelenggarakan virtual meeting secara berkala di bawah koordinasi KBRI Addis Ababa dan Wali Kota Padang dilanjutkan dengan korespondensi antar pelajar didampingi oleh guru dan orang tua masing-masing. KBRI Addis Ababa menargetkan minimal 1.500 peserta aktif.

Diantaranya akan dipilih 15 peserta aktif berbahasa Inggris untuk menjadi peserta utama dan banyak peserta pelajar lainnya sebagai penonton dalam acara Indonesia Ethiopia Higher Education Forum di Kedutaan Besar Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika dalam meluncurkan program Indonesa-Ethiopia Student Correspondence Program (IESCOP) 2023. 

(DA / Charlie)


#Pendidikan #Padang

No comments