Breaking News

Warning Jokowi: Harga Beras Naik di Semua Provinsi!


D'On, Tabanan (Bali),-
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan tinjauan ke Pasar Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, Kamis (2/2/2023), untuk mengecek harga pangan. Menurutnya harga pangan kebanyakan cukup stabil, kecuali beras.

"Harga minyak baik, Rp 15 ribu ada kenaikan sedikit, saya kira biasa. Kemudian harga yang lain saya lihat stabil," kata Jokowi, mengutip siaran Sekretariat Presiden, Kamis (2/2/2023).

Namun khusus harga beras, Jokowi mengungkapkan terjadi kenaikan di semua provinsi. Sehingga pemerintah akan melakukan operasi pasar secara besar-besaran.

"Harga beras naik di semua provinsi, memang naik. Ini sedang kita lakukan operasi pasar bersama Bulog di seluruh provinsi. Terus dilakukan meski awal Januari dilakukan tapi turunnya sedikit. Minggu-minggu ini terus kita lakukan operasi pasar besar-besaran," ujar Jokowi.

Sebelumnya pada Selasa (31/1/2023), Jokowi memanggil Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi untuk melakukan rapat internal membahas stabilisasi harga beras.

Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, menjelaskan salah satu perintah dari presiden untuk menurunkan harga beras dengan membanjiri stok yang ada di Bulog sebanyak 315 ribu ton ke pasar.

"Dengan demikian dalam waktu dekat harga ini sudah bisa kembali turun," kata Zulhas saat ditemui usai rapat.


(miq/cnbc)

#Jokowi #nasional #Beras