Breaking News

Tingkatkan Kualitas dan Akurasi Data, BPS Padang Adakan FGD


D'On, Padang (Sumbar),-
Jelang publikasi Kota Padang Dalam Angka 2023 data sektoral pada 23 Februari mendatang, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang mengadakan Forum Grup Discussion (FGD) guna menyediakan data statistik yang lengkap, akurat, dan mewujudkan pembangunan nasional.  

Kepala BPS Padang, Alfianto menyebutkan FGD ini bertujuan untuk menguatkan koordinasi dan kolaborasi internal dan eksternal dalam menyusun data. Kemudian verifikasi dan konfirmasi kelengkapan data terkait permasalahan data.

"FGD ini juga bertujuan menguatkan implementasi, norma, standar, prosedur, kriteria pada pengumpulan data statistik sektoral. Kemudian FGD juga dihadiri 70 peserta dari seluruh produsen data, dan undangan stakeholder yang ada di Padang," katanya saat pembukaan FGD tersebut di salah satu hotel berbintang di Padang, Jumat (17/2/2023). 

FGD bertema "Peningkatan Kualitas Data Sektoral melalui Publikasi Kota Padang Dalam Angka (PDA) 2023" dibuka oleh Wali Kota Padang Hendri Septa dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang, Bobby Firman. 

"Data BPS nantinya, awal pimpinan mengambil kebijakan. Jadwal terbit publikasi Kota Padang Dalam Angka 2023 ini lebih cepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Percepatan rilis dilakukan untuk percepatan penyediaan data penyusunan rencana pembangunan di Kota Padang dan memenuhi kebutuhan pengguna dari berbagai profesi," tutur Bobby Firman. 

FGD ini disebutkannya, dilaksanakan bertujuan untuk menyusun data sektoral yang akurat dan berkualitas, yang bersumber dari OPD yang bisa dijadikan sebagai dasar perencanaan pembangunan. 

"Untuk itu diperlukan sinergi antara BPS sebagai penyedia data dasar dan organisasi perangkat daerah sebagai penyedia atau sumber statistik sektoral," imbuhnya.  

Dalam kegiatan ini dibutuhkan partisipasi aktif dari OPD dalam hal penyediaan data sektoral. Data sektoral yang akurat dan berkualitas nantinya akan mewujudkan pembangunan akan lebih terarah. 

(DA / Charlie)


#BPS #Data #Padang