Breaking News

Soal Polemik Janji Tak Nyapres Kepada Prabowo Subianto, Ini Jawaban Anies Baswedan


D'On, Jakarta,-
Motivator dan pengusaha berdarah Tionghoa-Indonesia Merry Riana mendatangkan Bakal Calon Presiden dari Partai NasDem Anies Baswedan di podcastnya. 

Merry mempertanyakan janji Anies Baswedang dengan Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto. Mantan Gubernur DKI itu pun memberikan jawaban. 

Anies Baswedan membenarkan soal janji itu. Ia menyebut janji tidak akan maju di Pilpres 2019, dan memilih menyelesaikan jabatannya sebagai Gubernur DKI. 

"Saya sampaikan pada waktu mulai bekerja, saya akan fokus di jakarta 5 tahun, dan sesudah pilkada 2017 ada pilpres 2019. Saya sampaikan tidak akan tengak tengok kanan kiri, saya akan full lima tahun di Jakarta. Karena itu saya tidak akan mengikuti pilpres," ujar Anies dikutip dari Podcast yang ditayangkan di YouTube Merry Riana pada Sabtu (11/2/2023). 

Anies Menyebut, janji menyelesaikan jabatan sebagai Gubernur DKI sudah disampaikan pada debat pertama jelang Pilkada 2017. 

"Bu merry kalau ingat ya, pada debat pertama calon gubernur, pertanyaan pertama panelis begini pak anies akan maju di pilpres apa tidak? loh ini baru debat gubernur sudah ditanyain soal pilpres, saya bilang No. itu rekamannya ada," ujarnya.

Namun demikian, Anies Baswedan menegaskan tidak tahu tentang masa depannya usai menjadi Gubernur DKI. 

"Tuntaskan lima tahun, sesudah itu kita tidak tahu apa lagi yang terjadi, saya tidak tahu apakah saya kembali mengajar, apakah saya akan meneruskan di pemerintahan, apakah tetap di jakarta, apakah tugas berbeda, jadi komit kita lima tahun, komitmen itu kita pegang," ucapnya. 

Anies Baswedan juga menceritakan saat ditawari Prabowo Subianto untuk menjadi Wakil Presiden pada Pemilu 2019. Namun, tawaran itu ditolak. 

"Jadi ketika di tahun 2018, saya diajak untuk menjadi wakil pasangan pak Prabowo, saya sampaikan ke beliau: Pak prabowo terima kasih atas undangannya, ini sebuah kehormatan, tetapi saya punya komtimen untuk menyelesaikan di Jakarta selama lima tahun," jelas Anies.  

Ia menegaskan janji yang dimaksud adalah mengemban tugas sebagai Gubernur DKI. Ia mengaku harus menjalankan apa yang sudah dijanjikan kepada warga Jakarta. 

"Kuncinya adalah menyelesaikan janji dengan warga jakarta," ucapnya.

(*)

#AniesBaswedan #PrabowoSubianto #Pilpres #Politik #nasional