Breaking News

Rampung, Embung Tamblang Diresmikan Jokowi


D'On, Bali,-
Tanpa banyak retorika, satu proyek baru yang sudah rampung dan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Kamis, 2 Februari 2023, yakni Bendungan Tamblang di Buleleng, Bali.

Dalam acara tersebut para siswa-siswi SD/SMP/SMA di Buleleng didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berkesempatan ikut meresmikan dan berfoto bersama dengan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Kehadiran pelajar tersebut merupakan upaya edukasi kepada generasi muda akan pentingnya bendungan sebagai sarana dan prasarana pengelolaan air, diantaranya untuk meningkatkan produktivitas pertanian, serta memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang dapat menumbuhkan ekonomi daerah setempat.

Bendungan Tamblang yang kemudian diubah namanya menjadi 'Bendungan Danu Kerthi' sesuai usulan Gubernur Bali Wayan Koster, diharapkan menjadi infrastruktur yang dapat menjaga keberlanjutan sumber air di Kabupaten Buleleng, yang memiliki keunggulan menggunakan teknologi aspal yang menjadi pertama dibangun di Indonesia (Asphalt Core Concrete Embankment Dam - ACCED). 

Kapasitas tampung bendungan tersebut adalah 5,1 juta m3, dan luas genangannya kurang lebih 29,8 hektare, yang dapat mengairi sawah seluas 588 hektare. Karena bendungan tersebut dilengkapi dengan irigasi sawah.

(*)


#Bendungan #PUPR #nasional