Breaking News

Pengangguran di Padang Menurun


D'On, Padang (Sumbar),-
Angka pengangguran di Kota Padang terus menurun. Hal ini diakui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang, Dian Fakri, Kamis (16/2/2023). 

"Sejak September 2022 angka pengangguran turun menjadi 11,69 persen," ungkapnya kepada Diskominfo Padang. 

Berdasarkan catatan Disnakerin Padang, sebelum adanya wabah Covid-19, pengangguran Kota Padang berada di angka 8,74 persen. Setelah  pandemi melanda, angka pengangguran terus naik menjadi 13,64 persen.

"Ada beberapa target yang telah kami upayakan, sejak pandemi Covid-19 angka pengangguran naik, namun alhamdulillah di tahun 2021 lalu turun jadi 13,37 persen dan di September 2022 di angka 11,69 persen," katanya.

Dian Fakri menargetkan, angka pengangguran di Padang terus turun. Seperti di tahun 2023 ini, dirinya akan berusaha menurunkan angka pengangguran menjadi 9 persen. 

"Dan pada tahun 2024 nanti menjadi 7 persen," tuturnya. 

Dian Fakri mengatakan, ada beberapa upaya yang dilakukan agar angka pengangguran terus menurun. Seperti menggelar "Job Canvasing" dengan mendatangi dan melobi perusahaan yang ada..

"Serta cara lain dengan mengadakan pelatihan atau pembinaan bagi wirausahawan agar mereka mempunyai skill tambahan," terang Dian. 

Upaya selanjutnya yang akan dilakukan Disnakerin yakni dengan program pemagangan. Lewat pemagangan diharapkan pengangguran akan dapat bekerja langsung di tempat magang tersebut. 

"Kita akan rangkul mereka yang pengangguran, agar mereka segera dapat pekerjaan yang tepat," ucap Kadisnakerin Padang itu.

(Mizwa / Charlie)


#pengangguran #Padang #Covid19