Breaking News

Disandera TPNPB-OPM, Pilot Bule Susi Air Pakai Kaus Papua Merdeka


D'On, Papua,- 
Juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom mengirimkan sejumlah foto dan video yang memperlihatkan kondisi terbaru dari pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philip Mark Merthens. Seperti ucapan sebelumnya, dari foto terlihat TPNPB-OPM menganggap Philip sebagai teman.

Sebby tidak menyebut kapan foto itu diambil. Hanya saja, dari foto terlihat Philip sudah tidak lagi mengenakan seragam pilot.

Philip terlihat mengenakan kaus hitam bertuliskan Papua Merdeka disertai bendera bintang kejora yang dibalut dengan jaket jeans.

Lalu, Philip mengenakan celana pendek dan topi gunung. Kuat dugaan kalau pakaian itu diberikan oleh TPNPB-OPM kepada Philip yang menjadi korban sandera sejak sepekan lalu.

Sebby mengungkapkan kalau foto-foto dan video itu menjadi bukti bahwa ucap Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tidak benar. Yudo sempat menyebut kalau tidak ada penyanderaan yang terjadi, melainkan sang pilot melarikan diri.

"Kami sampaikan bahwa, Panglima TNI adalah pembohong besar, karena TPNPB sudah mengakui bertanggung jawab atas bakar pesawat dan sandera pilot Susi Air yang berwarga negara Selandia Baru," kata Sebby saat mengirimkan foto, Selasa (14/2/2023).

Selain foto Philip, Sebby juga mengirimkan foto-foto pesawat yang dibawa Philip dibakar oleh TPNPB-OPM.

Pembakaran pesawat itu jadi permulaan penyanderaan Philip oleh TPNPB di lintasan penerbangan, Distrik Paro, Nduga, Papua. Sebelum disandera, Philip selaku pilot pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY rute Timika-Paro-Timika.

Ia membawa lima penumpang di mana salah satunya masih bayi. Meski demikian, lima penumpang disebut dalam kondisi aman.

(*)

#TPNPB #OPM #Papua #PilotSusiAir #KKB