Breaking News

Kegemaran Membaca di Kota Padang Meningkat, Literasi Masyarakat Kian Menguat


D'On, Padang (Sumbar),-
Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) masyarakat Kota Padang meningkat di tahun 2022. Seiring meningkatnya kegemaran membaca masyarakat, tentunya diharapkan akan semakin menguatkan literasi di tengah masyarakat. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Ferimulyani Hamid membenarkan hal tersebut. Menurutnya, TGM Kota Padang naik dibanding tahun 2021 lalu. 

"TGM Kota Padang naik dibanding tahun sebelumnya, saat ini Padang termasuk kategori tinggi dalam kegemaran membaca masyarakatnya," ujar Kadisperpusip Padang itu kepada Diskominfo Padang, Minggu (8/1/2023).

Angka TGM Kota Padang pada tahun 2022 yakni 66,49. Sedangkan pada tahun 2021 lalu hanya berada di angka 58,95. 

"Di tahun 2022 naik sebesar 7,54 poin," kata Ferimulyani. 

Pesatnya kenaikan angka TGM di tahun 2022, salah satunya dikarenakan semakin tingginya budaya membaca di masyarakat. Pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang terus melakukan kegiatan literasi. Seperti bedah buku, kegiatan perpustakaan keliling, "read aloud", "story telling" oleh Uni Puspa yang merupakan inovasi perpustakaan Padang. 

"Serta telah banyak aktifnya Taman Bacaan Masyarakat (TBM)," kata Kadisperpusip. 

Ke depannya, Dinas Perpusip optimis TGM Kota Padang pada tahun depan akan lebih tinggi lagi.  Apalagi kendaraan operasional pustaka keliling sudah bertambah pada tahun 2023 ini. Perpustakaan nasional telah memberikan bantuan kendaraan operasional pustaka keliling bagi Padang. 

"Dan insya Allah tahun depan (2024) kita sudah mempunyai gedung layanan pustaka yang representatif, dengan begitu angka Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) akan kian menguat," sebut Kadisperpusip.

(Charlie)


#literasi #TGM #membaca #Padang