Breaking News

Jika Gagal Koalisi dengan PKS dan Demokrat, Nasdem Siap Alternatif


D'On, Jakarta,-
Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan segala kemungkinan dalam membangun koalisi menuju Pilpres 2024. Termasuk, kata Ali, menyiapkan alternatif koalisi dengan partai politik lain jika gagal berkoalisi dengan PKS dan Demokrat.

Diketahui, Nasdem bersama PKS dan Demokrat sedang menggodok koalisi yang dikenal dengan nama Koalisi Perubahan untuk mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024. Namun, hingga saat ini ketiganya belum mendeklarasikan koalisi tersebut dan belum memutuskan cawapres Anies.

"Ketika kemudian (koalisi) ini terhambat dengan persyaratan yang tidak mungkin kita penuhi, tentunya kita harus punya alternatif-alternatif,” ujar Ali kepada wartawan, Rabu (25/1/2023).

Ali mengungkapkan, Demokrat dan PKS masih bersikukuh menyodorkan masing-masing kadernya untuk menjadi Cawapres Anies. Dia mencontohkan PKS menawarkan Ahmad Heryawan dan Demokrat menyodorkan nama Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

"Jadi kalau itu tidak diterima Koalisi Perubahan tidak terjadi, artinya itu saling mengunci. Itu yang sejak awal saya katakan bahwa Nasdem menghindari itu. Katakan Nasdem, Demokrat, PKS sama-sama sudah menandatangani kesepakatan mengusung Anies (sebagai) calon presiden, itu namanya koalisi,” jelas Ali.

Ali mengingatkan bahwa koalisi tidak akan terjadi jika masing-masing partai memaksakan diri. Menurut dia, perlu ada kesepakatan bersama untuk meriah kemenangan.

Dia mengaku bahwa Nasdem tidak bisa mengusung sendiri Anies Baswedan di Pilpres 2024. Pasalnya, Nasdem tidak mencukupi syarat pencalonan ambang batas presiden atau presidential threshold sebesar 20 persen kursi DPR RI.

"Baru Nasdem yang hari ini mendukung Anies, yang lain belum ada pencetusnya. Sekarang kita menunggu,” pungkas Ali.


Sumber: BeritaSatu

#NasDem #Politik #Nasional