Breaking News

Tingkatkan Kapasitas ASN, “Bappeda Bercerita” Digelar


D'On, Padang (Sumbar),-
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang kembali melaksanakan “Bappeda Bercerita” (Bappeda Bercengkrama Dari Kita Untuk Kita), Kamis (8/12/2022). Kali ini "Bappeda Bercerita" dilaksanakan oleh Bidang Perekonomian dan SDA bertempat di ruang Rapat Bappeda di Aie Pacah.  

Kepala Bappeda Kota Padang Yenni Yuliza mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap hari Kamis pukul 07.30 – 09.00 WIB, dalam rangka meningkatkan kapasitas ASN Bappeda Padang. 

“Hari ini tema 'Bappeda Bercerita' adalah tentang Inovasi 'Pangku Bimbiang',” ujar Yenni.

Menurut Yenni, "Pangku Bimbiang" berasal dari kearifan lokal masyarakat Minangkabau dengan asal kata “anak dipangku, kamanakan dibimbiang”, dimana seorang 'mamak' (dalam hal ini pemerintah) mempunyai tanggung jawab yang sama untuk membesarkan dan mendidik anak dan kemenakannya (dalam hal ini UMKM).

Dengan dilaksanakan inovasi ini diharapkan terciptanya percepatan penumbuhan usaha mikro baru serta berkembangnya usaha mikro yang telah ada di Kota Padang.

Serta memiliki daya saing di pasar konvensional maupun di pasar online (e-commerce), sehingga diharapkan pada akhirnya akan mengurangi angka pengangguran dan angka kemiskinan di Kota Padang.

Berbagai masukan dan saran berkembang dalam kegiatan ini. Diantaranya adanya keterkaitan progul kampung tematik dengan UMKM, bentuk pendampingan yang dilakukan tenaga pendamping, serta menceritakan ukuran inovasi yang berpengaruh besar bagi Kota Padang (pada kondisi sebelum dan sesudahnya). 

(Ch)