Breaking News

Teror KKB Jelang Tahun Baru: Tembaki Polres Yahukimo dan Pos Brimob


D'On, Yahukimo (Papua),-
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah. Teror kali ini menyasar Polres Yahukimo dan Pos Brimob.

Rentetan teror terjadi berurutan menjelang akhir tahun 2022. Aksi KKB pertama menembaki pos penjagaan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Yahukimo pada Jumat (30/12) malam.

"Saat di persimpangan depan Mako Polres Yahukimo ada kendaraan memutar balik, kembali arah menuju Bundaran Jam Kota Dekai. Saat melintas di Depan Pos Penjagaan SPKT Polres Yahukimo saksi melihat pengendara motor tersebut berhenti dan terdengar bunyi letusan senjata api sebanyak satu kali," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulisnya Sabtu (31/12).
Kamal mengatakan, tembakan mengarah Pagar Gapura Mapolres Yahukimo dan ditemukan Pantulan Lekoset mengarah pada dinding sebelah kiri Pos Penjagaan SPKT Polres Yahukimo. Setelah menembak pengendara motor tersebut melarikan diri ke arah bundaran Jam Kota Dekai.

Kamal menambahkan teror kedua dilakukan KKB terhadap Pos Brimob Kali Buatan Jalan Gunung Distrik Dekai Yahukimo, pada Sabtu (31/12) sekitar pukul 05.28 WIT. Penembakan dilakukan dari arah depan dan samping kiri secara bersamaan.

Menurut keterangan dari lokasi, Kamal mengatakan, tembakan datang dari arah depan sebanyak 6 kali hingga menyebabkan peluru menembus atap seng dan dinding pos depan. Kemudian ditemukan satu proyektil mengenai satu anggota bagian depan Body Face tetapi tidak tembus bagian dada depan.

"Selanjutnya satu tembakan dari arah kiri terkena dinding Pos bagian kiri," ujar Kamal.

Polisi Buru Pelaku Penembakan

Kamal mengatakan, usai insden itu regu piket Jaga UKL Regu II yang di Pimpin Kasat Sabhara Polres Yahukimo AKP Dolfinus Rumbrapuk mengecek Tempat Kejadian Perkara (TKP). Setibanya di TKP personel dengan menggunakan Mobil Rantis milik Brimob Yon D Polda Papua menyisir serta mengamankan di sekitar area TKP.

Kamal memastikan tidak terdapat korban jiwa maupun luka-luka dari insiden ini. Menurut dia, situasi di Kota Dekai Kabupaten Yahukimo aman kondusif setelah teror tersebut.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka, anggota di Kabupaten Yahukimo terus meningkatkan patroli di seputaran kota untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," tandasnya.

(mdk/gil)

#KKB #Penembakan #Peristiwa