Breaking News

Ratusan Bundo Kanduang Pawai Budaya dan "Makan Bajamba"


D'On, Padang (Sumbar),-
Memperingati Hari Ibu tahun ini, ratusan Bundo Kanduang (ibu-ibu) dari perwakilan sebelas kecamatan di Kota Padang merayakannya dengan kegiatan pawai budaya dan "makan bajamba", Sabtu (17/12/2022).

Pawai tersebut dimulai dari Jalan Sudirman menuju Gedung Youth Center Kota Padang. Para Bundo Kanduang memakai baju adat Minangkabau dan ada juga yang mengenakan suntiang pada bagian kepalanya. Tidak itu saja pawai tersebut juga diiringi dengan berbagai alat musik tradisional Minangkabau. 

Ketua Bundo Kanduang Kota Padang, Ny. Fauziah Zainin, mengatakan selain memperingati Hari Ibu, kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Bundo Kanduang Kota Padang yang ke 48.

"Kegiatan ini kita laksanakan guna melestarikan adat Minangkabau dengan pertemuan, pembinaan Bundo Kanduang dari sebelas kecamatan di Kota Padang, dan juga pengenalan 'sumbang nan duo baleh' ke sekolah-sekolah," ungkap Fauzia Zainin. 

Fauzia Zainin berharap kepada setiap orang tua agar mendidik anak-anak mereka dengan baik. Anak-anak dapat tumbuh dengan mengenal 'adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah'.

"Dengan begitu anak-anak akan jauh dari kerusakan moril, penyakit masyarakat, LGBT, narkoba, dan jauh dari pelecehan seksual," harapnya.

Kemudian dalam momentum peringatan Hari Ibu itu Fauziah Zainin menambahkan, setiap orang tua agar dapat mendidik anaknya supaya sehat dengan asupan yang bergizi dan makanan penuh protein.

"Karena kurang asupan gizi yang baik akan menjadi masalah stunting, nah, stunting saat ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi kita dan negara, serta bund-bundo sekalian. Rawat dan jaga anak-anak kita dengan gizi yang baik, pendidikannya, agama, serta mengenal budaya," katanya.

(Charlie)


#BundoKamduang #Padang #Sumbar