Breaking News

Kroasia Singkirkan Brasil Secara Dramatis di Babak Adu Tendangan Penalti


D'On, Qatar,-
Kroasia menyingkirkan Brasil melalui drama adu penalti pada perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB. Kroasia unggul 4-2 setelah bermain 1-1 selama 120 menit.

Menggunakan teknik individu dan kekompakan tim, Brasil menampilkan permainan indah alias Jogo Bonito sejak awal laga. Namun, Kroasia tidak gentar dan sesekali melancarkan serangan cepat berbahaya.

Bek kanan Josip Juranovic melakukan penetrasi yang mengancam pertahanan Brasil. Dia melepas bola ke Mario Pasalic yang kemudian memberi umpan silang. Sayang Juranovic dan Ivan Perisic gagal menyambutnya.

Brasil membalas. Tendangan Vinicius Jr mudah dihentikan kiper Dominik Livakovic. Pemain Real Madrid itu lalu melakukan kombinasi dengan Richarlison yang sempat membuat Kroasia panik. Sayang tendangannya masih bisa diblok. Selanjutnya giliran Neymar yang menguji Livakovic.

Kroasia tidak tinggal diam. Juranovic kembali membantu serangan. Kali ini dia mengirim umpan diagonal ke Perisic di sisi lain lapangan. Pemain Tottenham Hotspur itu menusuk ke dalam dan melepas tendangan jarak jauh. Namun upayanya jauh melenceng.

Brasil mendapat kesempatan lain lewat tendangan bebas. Kembali usaha Neymar masih dapat dihentikan Livakovic. Skor masih tanpa gol di babak pertama laga 8 besar Piala Dunia 2022 Kroasia vs Brasil.

Babak Kedua

Brasil terus menekan selepas jeda. Hasilnya adalah serangkaian aksi gemilang Livakovic di bawah mistar. Pertama dia mencegah bek Josko Gvardiol melakukan gol bunuh diri. Livakovic lalu menghentikan upaya Neymar dan Lucas Paqueta.

Kesulitan menembus pertahanan Kroasia, pelatih Brasil Tite memasukkan Antony dan Rodrigo Goes. Namun, kehadiran mereka membuat keadaan tidak banyak berubah.

Brasil kembali mencoba melalui Neymar yang mendapat umpan terobosan dari Richarlison. Namun, Livakovic sigap meninggalkan sarang untuk menutup ruang tembak. Livakovic kemudian meredam tendangan Paqueta dan Antony.

Kroasia kesulitan memberi ancaman berarti ke gawang Brasil. Setidaknya mereka berhasil menahan gempuran lawan dan memaksa digelarnya tambahan waktu.

Tambahan Waktu

Brasil kembali mencoba di extra time. Namun mereka tetap kesulitan menembus pertahanan Kroasia.

Di tengah serbuan Brasil, Kroasia mendapat kesempatan langka. Bruno Petkovic melewati dua pemain lawan dan mengirim bola ke Marcelo Brozovic. Sayang tendangannya melambung.

Jelang berakhirnya babak pertama tambahan waktu, momen spesial hadir melalui Neymar. Dia melakukan kombinasi dengan Rodrygo dan Paqueta demi menembus lini belakang lawan. Neymar lalu melewati Livakovic untuk mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-105+1.

Kroasia dalam posisi terdesak. Mereka coba menyerang di 15 menit terakhir pertandingan. Hasilnya adalah gol Bruno Petkovic di menit ke-116. Laga pun berlanjut ke adu penalti.

Nikola Vlasic, Lovro Majer, Luka Modric, dan Mislav Orsic sukses meniunaikan tugas bagi Kroasia. Sementara hanya Casemiro dan Pedro yang bisa memasukkan gol bagi Brasil, dengan Rodrygo dan Marquinhos gagal.

Susunan Pemain

Kroasia: Dominik Livakovic, Josip Juranovic, Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Borna Sosa (Ante Budimir 110), Mateo Kovacic (Lovro Majer 106), Luka Modric, Marcelo Brozovic (Mislav Orsic 114), Mario Pasalic (Nikola Vlasic 72), Andrej Kramaric (Bruno Petkovic 72), Ivan Perisic

Brasil: Alisson Becker, Eder Militao, Thiago Silva, Marquinhos, Danilo, Casemiro, Lucas Paqueta, Raphinha (Antony 56), Neymar, Vinicius Jr (Rodrigo Goes 64), Richarlison (Pedro 84)


(*)

#PialaDuniaQatar #Sepakbola #BrasilvsKroasia #Olahraga