Breaking News

Jokowi Resmi Lantik Yudo Margono sebagai Panglima TNI


D'On, Jakarta,-
 Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Laksamana TNI Yudo Margono menjadi Panglima TNI pada hari ini, Senin 19 Desember 2022 di Istana Negara, Jakarta.

Jenderal bintang 4 TNI AL ini menggantikan Panglima TNI sebelumnya Jenderal TNI Andika Perkasa yang telah memasuki masa pensiun.

Pelantikan Yudo berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 91/TNI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta pada tanggal 19 Desember.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung tinggi etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Bahwa saya akan menjujung tinggi sumpah prajurit,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan diikuti oleh Yudo.

Usai pengucapan sumpah dilakukan prosesi penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan tongkat komando Panglima TNI oleh Presiden Jokowi ke Yudo Margono.

Hadir sebagai saksi yaitu Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Presiden ke 5 Megawati Soekarnoputri, Ketua MK Anwar Usman,

Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Jenderal TNI Andika Perkasa, Dua Kepala Staf serta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Sebelumnya, pada Rapat Paripurna, Selasa (13/12), DPR RI telah menyetujui Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Yudo menggantikan pendahulunya Jenderal Andika Perkasa.


(fmi)

#PanglimaTNI #YudoMargono #nasional