Breaking News

23 Kendaraan Tak Penuhi Standar Ditindak Polresta Padang


D'On, Padang (Sumbar),-
Polresta Padang menindak 23 unit kendaraan yang melakukan pelanggaran terutama yang sifatnya pelanggaran kasat mata pada Senin (26/12) malam.

"Dalam razia malam ini kami menindak sebanyak 23 unit kendaraan dengan rincian 19 unit sepeda motor dan empat unit mobil," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Padang AKP Alfin, di Padang, Senin malam.

Ia mengatakan puluhan kendaraan yang terjaring razia malam itu dibawa ke Kantor Polresta Padang untuk selanjutnya dikenakan tilang.

"Pelanggaran yang paling banyak ditindak adalah penggunaan knalpot brong, untuk menjemput kendaraannya masing-masing para pemilik wajib membawa knalpot standar," jelasnya.

Alfin menegaskan razia akan terus dilakukan pihaknya secara rutin ke depan, apalagi menjelang malam pergantian tahun demi menghadirkan rasa aman serta ketertiban berlalu lintas di kota setempat.

Sasaran utamanya adalah pelanggaran yang bersifat kasat mata seperti menggunakan knalpot brong, tidak menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), tidak menggunakan helm, serta pelanggaran lain yang bisa mengancam atau membahayakan keselamatan pengendara lain.

"Penindakan kami utamakan ke pelanggaran kasat mata dan yang nyata-nyata bisa membahayakan keselamatan pengguna jalan lain, untuk pelanggaran lain kami tindak lewat mekanisme ETLE Mobile," jelasnya.

Ia menceritakan sejauh ini Polresta Padang telah banyak menerima keluhan dari masyarakat yang merasa terganggu akibat suara bising dari kendaraan berknalpot brong.

Sejalan dengan hal itu, lanjutnya, masyarakat juga mengeluhkan aktivitas pengendara yang ugal-ugalan dan balap-balap liar di jalan.

"Oleh karenanya maka kami menggelar razia untuk menindak pelanggara-pelanggar yang meresahkan masyarakat, razia akan digelar secara rutin baik pagi, siang, ataupun malam," tegasnya.

Pada bagian lain terkait momen akhir tahun yang identik dengan meningkatnya mobilitas masyarakat, polisi mengimbau agar tetap mematuhi aturan berlalu lintas.

"Kami imbau agar tetap mematuhi aturan lalu lintas, jangan ugal-ugalan, dan jangan melakukan hal-hal yang bisa membahayakan orang lain. Pelanggar akan ditindak secara tegas," katanya.

(*)

#PolrestaPadang #Padang