Breaking News

Pemko Padang dan Yonif 133 Yudha Sakti Bina 25 Anak Jalanan


D'On, Padang (Sumbar),-
Menangani persoalan kasus anak jalanan (anjal) yang masih ditemukan di Kota Padang, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Sosial bersama Batalyon Infantri (Yonif) 133/Yudha Sakti, kembali melakukan pembinaan terpadu bagi sebanyak 25 orang anjal yang sebelumnya berhasil diamankan oleh petugas Sat Pol PP Kota Padang.

Mereka pun akan diinapkan selama sepekan ke depan di Mako Yonif 133/Yudha Sakti untuk ditempa dan diberikan pembinaan secara fisik, mental, skil, sosial dan spiritual.

"Pembinaan bagi anak jalan kali ini merupakan pembinaan angkatan yang ke empat dimana hal tersebut telah kita mulai sejak 2017 yang lalu," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar saat mewakili Wali Kota Padang dalam pembukaan kegiatan pembinaan anjal angkatan ke-4 tersebut di lapangan Kompi Senapan A Yonif 133/Yudha Sakti, Senin (21/11/2022) pagi.

Menurut Sekda, adapun maksud dan tujuan dari pembinaan anjal tersebut adalah untuk menekan jumlah anjal yang beraktifitas di perempatan jalan atau lampu merah di Kota Padang. Selain itu juga bagi menekan para kaum remaja yang terlibat maksiat dan perilaku kenakalan lainnya.

"Masalah anjal merupakan fenomena sosial yang harus disikapi secara baik. Banyak faktor yang menyebabkan mereka bisa sampai seperti itu," sambungnya.

"Berdasarkan identifikasi yang telah dilakukan selama ini, di samping faktor ekonomi, terutama sekali yang menyebabkan mereka begini dikarenakan keluarganya yang mengalami 'broken home"," jelas Sekda didampingi Kadis Sosial Ances Kurniawan menambahkan.

Terakhir Sekda Andree jugtak lupa mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan dan instruktur di jajaran Yonif 133/Yudha Sakti yang ikut mendukung melakukan pembinaan pola terpadu bagi para anak jalanan tersebut. Begitu juga bagi unsur terkait lainnya yang dalam hal ini memberikan penguatan dan pelatihan.

"Alhamdulillah, dari pembinaan yang kita lakukan sejauh ini mampu menuai hasil yang diinginkan. Kita tentu berharap, mereka tidak mengulangi hal sebelumnya dan kembali ke pangkuan keluarga. Dan bagi yang masih usia sekolah agar melanjutkan pendidikannya dengan baik."

"Kita siap mensuport bagi yang putus sekolah untuk dapat bersekolah kembali. Begitu juga bagi yang berminat untuk mengikuti pelatihan keterampilan. Semoga dengan itu mereka kembali ke jalan yang baik dan dapat meraih masa depan yang sukses di masa datang," pungkas Sekda mengakhiri sambutan dan arahannya.

Dalam kesempatan itu terlihat hadir Dandim 0312/Padang Kolonel Inf Jadi, serta Pasilog Yonif 133/Yudha Sakti Kapten infantri Liber Sirait, Kasi Bimas Polresta Padang Kompol Darto serta Kabid Resos Dinas Sosial Sumbar Henny Yunida dan para Camat se-Kota Padang. 


(Dv/Prokopim Pdg)


#AnakJalanan #Padang