Breaking News

Pasca Longsor Sitinjau Lauik, Akses Padang-Solok Sudah Bisa Dilalui


D'On, Padang (Sumbar),-
Jalur Padang-Solok kembali lancar setelah sempat ditutup sementara akibat longsor di dua titik kawasan pendakian Sitinjau Lauik,  Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Kapolsek Lubuk Kilangan Kompol Lija Nesmon mengatakan, jalan kembali normal setelah beberapa jam dilakukan evakuasi terhadap material longsor yang menutup badan jalan.

"Ya, jalur Padang-Solok atau sebaliknya saat memang sudah bisa dilewati sejak pukul 22.00 WIB," katanya, Kamis (17/11/2022).

Meski demikian, kata Nesmon pengendara tetap diminta waspada karena cuaca di Kota Padang, termasuk jalur Padang-Solok masih terbilang ekstrem dan hujan.

"Pengendara yang melewati jalur tersebut untuk berhati-hati. Karena ditakutkan terjadi longsor susulan dan akan membahayakan keselamatan," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak dua titik longsor yang terjadi di kawasan tersebut yani kawasan perbatasan dan panorama dua, sehingga jalur Padang-Solok lumpuh total sehingga ditutup untuk sementara.

Peristiwa longsor terjadi pada Rabu (16/11/2022) sekitar pukul 16.00 WIB sehingga jalan Padang-Solok maupun sebaliknya ditutup sementara.

Kemudian akibat longsor juga menimbulkan kemacetan baik dari arah Solok maupun sebaliknya.

"Untuk kemacetan berapa panjangnya kami tidak mengetahui secara pasti namun personel susah di lokasi untuk mengatur lalu lintas," kata Nesmon.

Material longsor yang terdiri dari tanah menutupi sebagian badan jalan, sehingga terganggunya akses jalan. Selain itu, permukaan badan jalan juga menjadi licin.


Sumber: Suara

#SitinjauLauik #Longsor #Padang #Solok