Breaking News

Surya Paloh Tak Masalah Jika Tak Jadi Koalisi dengan Demokrat-PKS


D'On, Jakarta,-
 Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengatakan NasDem tidak masalah batal berkoalisi dengan Demokrat dan PKS. Wakil Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim menjelaskan soal pernyataan Paloh tersebut.

Dia mengatakan, dalam politik, dinamika itu sangat mungkin terjadi.

"Memang, meskipun koalisi kita sudah 80 persen, tapi faktanya masih ada kemungkinan dinamika itu, biasa saja," ujar Hermawi ditemui di kawasan Juanda, Jakarta Pusat, Minggu (23/10/2022).

Namun, dia menegaskan, secara moral NasDem, Demokrat dan PKS sudah satu hati. Meski ketiganya belum resmi berkoalisi.

"Tapi sekarang kita tetap terikat secara moral dengan PKS dan Demokrat, sebenernya hati kita sudah nyambung meskipun ikatan formalnya belum ada," kata Hermawi.

Saat ini, NasDem, Demokrat dan PKS telah membentuk tim kecil untuk membahas detail koalisi. Tim kecil ini juga akan mengurai kerumitan di antara partai politik agar koalisi segera dideklarasikan.

"Dengan adanya tim kecil kita percaya sekarang kerumitan-kerumitan, kan biasa orang bertemu kami di internal kami juga ada problem dan itu biasa saja. Dan ini saya percaya ini akan terurai dengan baik karena ini hati sudah bertemu pertemuan-pertemuan kita intensif sekali makanya kita formalkan dalam bentuk tim kecil," ujar Hermawi.

Namun, tim kecil bukan untuk mencari calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies. Itu akan diputuskan bersama antar ketua umum.

"Kalau tingkat cawapres nanti tingkat ketua ketua umum bicara ya tetapi memang dengan secara Anies dideklarasikan masuk tim anies kita menyusun banyak dokumen ini memang selalu ada, yang namanya orang mau komunikasi orang mau jadi satu hati pasti banyak hambatan hambatan dan itu biasa saja, kita optimistis, intinya kita optimistis," jelas Hermawi.

PKB Incar PKS

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku tertarik untuk mengajak PKS bergabung dengan koalisi Gerindra-PKB. Kata dia, pendekatan sedang dilakukan kepada PKS.

"Terus kita pendekatan. Saya berharap PKS bisa masuk," ujar Cak Imin dikutip dari keterangannya pada Minggu (23/10).

Cak Imin berharap koalisi dengan Gerindra bertambah anggota. Untuk itu PKB tengah terus mengupayakan lobi-lobi politik agar ada tambahan anggota. Salah satunya telah dilakukan kepada PDI Perjuangan.

"Terus terus, kita terus melakukan lobi-lobi dengan partai-partai lain, supaya anggota koalisi kita semakin banyak," ujar Cak Imin.


Sumber: Merdeka

#Politik #nasional #NasDem #SuryaPaloh #PKS #Demokrat