Breaking News

Shin Tae-yong, Barometer Cerah Masa Depan Timnas Indonesia

Dirgantaraonline.co.id,- Dulu, awal berposesnya Shin Tae-yong untuk timnas Indonesia sempat diragukan. Bahkan, tak sedikit agar mantan pelatih timnas Korea Selatan itu segera angkat kaki dari kepelatihan sepak bola timnas Indonesia. Tapi, kini semuanya berubah. Shin Tae-yong berhasil membuktikan diri sebagai pelatih yang memiliki taktik tajam. 


Bahkan, akhir-akhir ini nitizen dan PSSI digadang-gadang sepakat untuk memperpanjang masa kontraknya. Sebab, hal itu mengacu pada capaian dan kontribusinya yang luar biasa untuk timnas Indonesia. Salah satu yang sangat fundamental, ia mampu meloloskan timnas u-20 dan Senior ke Piala Asia. Tak terkecuali perlahan naiknya ranking FIFA sepak bola Indonesia berkat andil mulia Shin Tae-yong. 

Atas hal itu, semua masyarakat Indonesia yakin, bahwa Shin Tae-yong adalah pelatih yang harus dipertahankan. Ia adalah pelatih asing yang dinilai akan mencerahkan masa depan sepak bola Indonesia. 

Yang terbaru tentu saja adalah kemenangan comeback fantastis timnas Indonesia atas Curacao. Bayangkan, Curao adalah peringkat 84 dunia di ranking FIFA. Indonesia sendiri, masih bertengger di urutan ke 155. Tapi, di bawah naungan Shin Tae-yong dan taktik dingin, Indonesia mampu bermain tanpa gugup dan traumatis. Keberanian itu, tentu saja tak lepas dari intruksi coach Shin. 

Permainan timnas sangat menjanjikan. Jarang melakukan long ball, agresif dalam menyerang, cover tinggi, dan pada saat lawan (Curacao) memegang bola, dua sampai tiga pemain datang untuk merebut bola. Naik-turun tanpa lengah. 

Indonesia, di kancah sepak bola memang membutuhkan permainan semacam itu. Dan Shin Tae-yong kini menjelma menjadi figur yang menjadi barometer bahwa anak muda yang membela timnas Indonesia akan berkembang dan masa depan sepak bola Indonesia akan kembali macan asia  yang menakutkan.


(Osmond)


#ShinTaeYong #Sepakbola #TimnasIndonesia #Olahraga

No comments