Breaking News

Dugaan Kekerasan Diksar UIN Palembang: Sundut Rokok & Minum Air Toilet

D'On, Palembang (Sumsel),- Mahasiswa semester tiga UIN Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, ALP (19), diduga mengalami kekerasan saat mengikuti kegiatan pendidikan dasar (diksar) Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus Penelitian dan Pengembangan (UKMK Litbang).


Menurut kuasa hukum, berdasarkan temuan penyidik polisi di tempat kejadian perkara (TKP) di Bumi Perkemahan Pramuka Gandus, ALP diduga ditelanjangi, disundut rokok, hingga dipaksa minum air toilet oleh panitia diksar.

"Dari olah TKP diketahui kronologi baru, yakni setelah disundut api rokok, korban juga dipaksa meminum air kloset yang diambil menggunakan kemasan minuman plastik. Klien kami saat itu di dalam tekanan dan diancam sehingga terpaksa meminum air tersebut, " ujar kuasa hukum ALP, Prengki Adiatmo, Senin (10/10).

Dalam olah TKP yang digelar pada Minggu (9/10) itu, korban dan dua orang temannya hadir sebagai saksi. Selanjutnya, polisi masih akan mengumpulkan barang bukti dan memeriksa beberapa saksi lagi.

Diwawancara terpisah, Wakil Rektor III UIN Raden Fatah Palembang Hamidah mengatakan kegiatan diksar yang diselenggarakan UKMK Litbang tersebut tidak mengantongi izin dari kampus. Pihak kampus juga akan memeriksa para terduga pelaku.

"Kita memeriksa keterangan (terduga pelaku) yang nama-namanya disebut korban. Adapun kegiatan organisasi yang dilakukan tidak berizin dari kampus," katanya.

Adapun laporan ALP ke Polda Sumsel dibuat pada 4 Oktober 2022. Sebelumnya, ALP mengaku sempat mendapatkan intimidasi dari para terduga pelaku untuk tidak melapor ke polisi.

Ditreskrimum Polda Sumsel Kombes Anwar Reksowidjojo mengatakan belum bisa menyampaikan hasil penyelidikan sementara.

"Masih pemeriksaan dan belum bisa disampaikan karena masih menjadi materi penyidik. Sejumlah saksi dan terduga pelaku akan segera diperiksa untuk dimintai keterangan," kata dia.


(idz)


#Kekerasan #Penganiayaan #Kriminal #hukum #UINPalembang