Breaking News

Penertiban PKL Danau Cimpago Ricuh, Petugas dan Pedagang Saling Rebutan Kursi

D'On, Padang (Sumbar),- Penertiban pedagang kaki lima (PKL) di kawasan wisata Pantai Cimpago, Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, berlangsung ricuh, Sabtu malam (6/8/2022). Sejumlah pedagang mengamuk sehingga bentrok dengan petugas yang melakukan penyitaan barang-barang miliknya.


Penertiban ini digelar di sepanjang kawasan wisata terhadap PKL yang berjualan di atas fasilitas umum dan badan jalan. Penertiban ini dalam rangka persiapan kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia atau Apeksi yang berlangsung pada tanggal 7-10 Agustus.

Tindakan penertiban dilakukan lantaran, petugas sudah berkali-kali menegur tetapi tidak ada respons. Sejumlah petugas gabungan dari Satpol PP dan Polsek Padang Barat pun akhirnya melakukan penertiban serta penyitaan barang dagangannya ke mobil patroli.

Namun, tidak terima kursi miliknya disita petugas, sejumlah PKL mengamuk dan memaksa petugas untuk mengembalikan barang yang disita oleh petugas sehingga berujung bentrok.

Suasana pun semakin memanas saat salah satu PKL berusaha menghentikan mobil Dalmas Satpol PP yang hendak membawa kursi miliknya. Pedagang mengamuk karena beranggapan penertiban di kawasan tersebut dilakukan secara tebang pilih dan tidak merata.

"Kami tahu, kami ilegal kami ampun. Ini mau kami bereskan," ucap salah satu pedagang.

Penertiban ini digelar selain menertibkan PKL yang berjualan di atas badan jalan dan fasilitas umum di sepanjang kawasan wisata.

"Surat peringatan itu sudah berkali-kali kami berikan tapi tidak diindahkan. Makanya malah hari ini kami tertibkan. Makanya kami gabung dengan anggota polsek untuk penertiban," kata Kasi Trantib Satpol PP Kota Padang, Bambang.


(Inews)

#PKLPantaiPadang #PKL #SatpolPP #Padang #Sumbar