Breaking News

Dinsos Sumbar Salurkan Bantuan bagi Warga Korban Kebakaran di Palembayan

D'On, Agam (Sumbar),- Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat (Dinsos Sumbar) menyalurkan bantuan bagi warga yang menjadi korban musibah kebakaran di Palembayan, Kabupaten Agam, Selasa (9/08/2022). Dalam kesempatan itu, Dinsos Sumbar juga meminta aparatur nagari setempat agar segera menyiapkan data sebagai bahan pengusulan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.


Di sela penyaluran bantuan tersebut, Kepala Dinsos Sumbar Arry Yuswandi, S.KM, M.KM menyebutkan, pihaknya akan menunggu pengusulan dari Dinsos Kabupaten Agam, untuk kemudian diteruskan kepada Kemensos RI. Selain itu, Arry juga meminta agar tenaga Program Keluarga Harapan (PKH) setempat segera mengusulkan para korban untuk masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Kita sudah sampaikan kepada Wali Nagari setempat, agar data sebagai bahan pengusulan penerimaan bantuan selanjutnya dapat disegerakan. Berdasarkan arahan Bapak Gubernur Sumbar, Dinsos berusaha selalu hadir pada setiap kejadian kebencanaan, serta memberi dukungan dalam upaya pemulihan korban,” ujar Arry, didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos Sumbar, Andri Yunidal, SE, MM.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Linjamsos, Andri Yunidal menerangkan, bahwa musibah kebakaran itu sendiri terjadi pada 5 Agustus 2022 lalu, tepatnya di Simpang Ateh, Jorong Gumarang I, Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan. Musibah itu menyebabkan dua unit rumah yang dihuni empat Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 12 jiwa, ludes terbakar dan menimbulkan taksiran kerugian hingga Rp300 juta.

“Dalam kesempatan ini, Dinsos Sumbar juga menyalurkan bantuan kebutuhan bagi warga yang terdampak, seperti baju, selimut, handuk, baju dalam, perlengkapan mandi, sandal, makanan, hingga tempat tidur lipat,” ucap Andri.

Tercatat, tim dari Dinsos Sumbar yang ikut dalam penyaluran bantuan ke Palembayan antara lain, Kepala Dinsos Sumbar, Kabid Linjamsos Dinsos Sumbar, Petugas Gudang Linjamsos Sumbar Muslimin, serta staf dari Linjamsos Sumbar, Mulyadi dan Harry. Kehadiran tim di lokasi ikut didampingi Sekretaris Dinsos Agam, Jatirman, S.ST; Koordinator Pekerja Sosial, Camat Palembayan, Sabirun, S.AP; serta Sekretaris Wali Nagari Tigo Koto Silungkang, Dewi Sartika, S.Si.

Ada pun warga yang menjadi korban dalam musibah ini, sambung Andri, antara lain bernama Syahril dan Asmaniar, Zulkarman, Rice Anggraini, Raka Seprizul Putra dan Mutiara Leogisna, Rahmat Ikbal, Resi, Rino, Rozi, Beni, dan Resha Aprilia.

“Kita bersyukur tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, dan kita berkomitmen dalam mendampingi warga dalam pengusulan penerimaan bantuan dari Kemensos RI,” ucap Andri menutup. 


(ljs/ishaq)


#DinsosSumbar #PKH #Sumbar #Agam