Breaking News

Trans Padang Koridor V Rute RTH Imam Bonjol-Indarung Diluncurkan Besok, 10 Unit Bus Siap Beroperasi

D'On, Padang (Sumbar),- Bus Trans Padang koridor V dengan rute dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol-Indarung bakal diluncurkan pada Jumat (8/7/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.


Pada peluncuran tersebut, akan dihadiri oleh Wali Kota Padang Hendri Septa, Direktur Blue Bird, beberapa rekanan dari Jakarta, Pimpinan Cabang BNI dan pejabat Pemko Padang.

Plt Direktur Utama (Dirut) Perumda Padang Sejahtera Mandiri (PSM), Rico Rahmadian Albert mengungkapkan, ada 10 unit bus Trans Padang yang akan dioperasikan di koridor V tersebut.

“Kami menyediakan 10 unit bus Trans Padang di koridor V. Sementara, halte bus Trans Padang di jalur ini diperkirakan berjumlah 60 unit,” ucap Rico, Rabu (6/7/2022).

Rico menambahan, armada Trans Padang koridor V ini beroperasi setiap Senin-Minggu dari pukul 06.00 hingga 19.00 WIB.

Selain itu terang Rico, kehadiran Trans Padang itu bertujuan membantu masyarakat mendapatkan kemudahan dalam aksesibilitas.

Kemudian, setiap angkot yang dilalui koridor V ini akan mendapat kompensasi.

“Ini disebut Biaya Kompensasi Peremajaan, angkot ini telah diatur dalam BOK dengan nilai yang sama dengan angkot di koridor lain,” bebernya.

Sebelumnya diberitakan, bahwa pengoperasian Trans Padang di koridor V dan VI bakal berbeda dengan koridor-koridor sebelumnya. Bahkan, tak akan ada lagi halte yang tinggi.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kota Padang, Jovi Atrios mengatakan, ada sejumlah perbedaan yang akan hadir pada koridor V dan VI, dan yang paling mendasar soal halte yang tinggi.

“Jadi, bus ini akan lebih rendah dari bus-bus yang sebelumnya. Penumpang bisa langsung naik tanpa naik ke tempat yang lebih tinggi, seperti halte yang ada saat ini,” beber Jovi beberapa waktu lalu.

Meskipun tak memiliki halte yang tinggi, menurut Jovi, pihaknya akan tetap menyediakan halte berupa rambu-rambu tempat bus berhenti.

“Meskipun rendah dan bisa naik langsung, tidak bisa sembarangan juga naik turun Trans Padang di koridor itu. Harus tetap naik di rambu-rambu yang telah disediakan,” tuturnya.

Jovi menjelaskan, bahwa untuk tarif, harganya tetap sama dengan koridor lain. Yaitu, Rp1.500 untuk anak-anak dan dan Rp3.000 untuk umum atau orang dewasa.

“Pembayaran juga non-tunai (pakai kartu),” terangnya.

Diketahui, di Kota Padang sudah terlebih dahulu beroperasional bus Trans Padang koridor I rute Pasar Raya-Batas Kota dan koridor IV rute Terminal Anak Air-Teluk Bayur.

Rencananya, selain koridor V, juga akan beroperasi koridor VI yang bakal melayani rute Pasar Raya-Limau Manis. 

(Rahmadi)

#BusTransPadang #Padang