Breaking News

Satpol PP Padang Lakukan Skrining HIV dari 130 Orang yang Terjaring 2 Dinyatakan Positif HIV

D'On, Padang (Sumbar),- Satpol PP Kota Padang telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Padang beberapa bulan belakangan, dalam melaksanakan tes darah, skrining HIV dan Penyakit Menular Lainnya (PML) terhadap orang yang diamankan. 


Sebanyak 130 orang yang terjaring satpol PP, diantaranya 58 orang Laki-laki dan 72 orang Perempuan, sudah dilakukan skrining selama Januari hingga Juli, dua orang dinyatakan Positif HIV, serta enam orang lainnya dinyatakan ada keluhan Infeksi Menular.

"Semua yang kita amankan, selalu kita lakukan skrining bersama Tim dari Dinas Kesehatan Kota Padang, sesuai data yang kita dapatkan, dua diantaranya dinyatakan Positif HIV yakni satu waria dan satu lagi Lelaki Suka Lelaki," ujar Mursalim Kasat Pol PP Kota Padang.  Jumat, (15/7/2022).

Mereka yang dilakukan Skrining di Mako Satpol PP Kota Padang tersebut, ialah mereka yang kedapatan beraktifitas sebagai PSK dan Penyakit Masyarakat lainnya. 

"Kita fokus melakukan skrining terhadap waria, LSL, PSK, Anak jalanan yang diamankan warga kumpul kebo, mereka yang kita amankan di Hotel dan penginapan, yang diduga pasangan ilegal yang yelah kita amankan,"tutur Mursalim. 

Tujuan dilaksanakan skrining tersebut, untuk mendeteksi HIV sejak dini mungkin, agar tidak terlambat dan bisa dilakukan pencegahan, perawatan, dan pengobatan HIV bagi mereka yang terduga menjadi penderita. 

"Kita menghimbau masyarakat Kota Padang, agar bisa menjaga Trantibum di lingkungan masing-masing, dengan lebih ketat menjaga anak kemenakan, dari pergaulan bebas agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," harap Mursalim.


(*)


#SatpolPP #PemkoPadang #DinasKesehatan #HIV