Breaking News

Kalahkan Filipina, Garuda Muda Jaga Asa ke Semifinal Piala AFF U-19

D'On, Bekasi (Jabar),- Jalani laga Matchday keempat Grup A Piala AFF U-19, Timnas U-19 Indonesia berhasil mengandaskan Filipina U-19 dengan skor 5-1 yang dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022), pukul 20.00 WIB.


Pertandingan berjalan sengit sejak menit pertama. Akan tetapi, Timnas Indonesia U-19 lebih mendominasi permainan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Sejak ditiup peluit mula pertandingan, anak asuhan  Shin Tae-yong langsung menekan Filipina sejak menit awal. Nampak sekali Garuda Nusantara ingin mencetak gol cepat dalam pertandingan ini.

Pada menit ke-14, Subhan Fajri dilanggar di kotak penalti sehingga membuahkan penalti untuk Timnas Indonesia U-19. Rabbani Tasnim Siddiq maju sebagai algojo penalti dan berhasil menyarangkan bola ke gawang Timnas Filipina U-19 dari titik putih.

Tak berselang lama, Timnas Indonesia U-19 unggul 2-0 pada menit ke-26 melalui Alfriyanto Nico. Akan tetapi, pada menit ke-29, Justin Lawrence memperkecil kedudukan untuk Filipina usai bek muda Indonesia gagal menghalau bola dari dalam kotak penalti.

Namun, pada menit ke-40, Zanadin Fariz dijatuhkan di kotak terlarang sehingga Timnas Indonesia U-19 kembali dapat penalti. Rabbani pun mengeksekusi penalti itu menjadi gol pada menit ke-42.

Timnas Indonesia U-19 berupaya untuk menambah gol. Akan tetapi, tidak ada gol tambahan tercipta hingga wasit meniup peluit berakhirnya babak pertama.

Babak Kedua

Berlanjut dibabak kedua, Garuda muda Indonesia tampil menekan di menit-menit awal. Tekanan itu membuahkan gol keempat untuk Timnas Indonesia U-19 pada menit ke-49.

Rabbani mencetak hattrick dengan sundulannya. Sayang, beberapa menit setelahnya, Rabbani harus digantikan karena cedera.

Meski tanpa Rabbani, Timnas Indonesia U-19 tetap mendominasi permainan. Kendati demikian, hingga menit ke- 69, gol tambahan belum tercipta untuk Timnas Indonesia U-19.

Namun, dua menit setelahnya, Razzaa Fachrezi mampu mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-19. Gol ini ibarat jawaban dari kritik yang sempat menerpa penyerang muda Persija Jakarta ini.

Setelah unggul 5-1, tekanan Timnas Indonesia U-19 sedikit menurun. Itu memberi peluang pada Filipina untuk menekan balik Garuda Nusantara.

Kendati demikian, Timnas Indonesia U-19 mampu menahan serangan sang lawan. Skor 5-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-19 tidak berubah hingga pertandingan berakhir.

Berikut susunan pemain Timnas Indonesia U-19 vs Filipina di Piala AFF U-19 2022:

Timnas Indonesia U-19 (3-4-3): Cahya Supriadi; Muhammad Ferrari, Marcel Januar, Kadek Arel; Frezzy Al Hudaifi, Zanadin Fariz, Edgard Amping, Alfriyanto Nico; Subhan Fajri, Rabbani Tasnim Siddiq, Ferdiansyah Cecep.

Pelatih: Shin Tae-yong


(Alang)

#PialaAFFU_19 #Sepakbola #Olahraga #timnasindonesia