Breaking News

AFF Diserang Dugaan Sepakbola Gajah dan Pemalsuan Umur, Akankah Timnas Indonesia Merapat ke EAFF?

D'On, Jakarta,- Kompetisi Piala AFF U-19 2022 baru saja rampung digelar pada Jumat, 15 Juli 2022. Timnas Malaysia U-19 keluar sebagai juara setelah menang 2-0 atas Timnas Laos U-19 di partai puncak. Namun, kelar turnamen, AFF diserang berbagai hal terkait kompetisi tersebut.


Dua di antaranya adanya dugaan praktik sepakbola gajah dan pemalsuan umur. Sekadar diketahui, dugaan praktik sepakbola gajah muncul di laga Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thaland U-19 yang tersaji di matchday pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022, Minggu 10 Juli 2022 malam WIB.

Tahu hanya membutuhkan skor imbang seperti 1-1, 2-2 dan seterusnya untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022, kedua tim tak lagi tampil ngotot ketika skor merujuk ke angka 1-1. Akibat hasil tersebut, Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal karena kalah head-to-head.

Akibatnya, PSSI mengajukan protes kepada AFF terkait dugaan di atas. Namun, sampai sekarang protes PSSI tak kunjung direspons AFF.

“Sudah, kita tunggu lah, belum (ada tanggapan). Saya menyampaikan ke Presiden AFF, cuma kan badannya lain, komisinya lain,” kata Mochamad Iriawan kepada awak media di Stadion Patriot Candrabaga, Jumat 15 Juli 2022.

Kemudian, dugaan selanjutnya adalah pencurian umur yang dilakukan kapten Timnas Malaysia U-19, Aysar Hadi. Media Vietnam, The Thao 247, menduga usia Aysar Hadi lebih dari 18 tahun, umur yang diakui gelandang bernomor punggung 13 tersebut.

“Malaysia U-19 baru saja menerima pujian atas gelar juara yang diraih. Namun, sejumlah fans di Asia Tenggara menyebut ada pemain Malaysia U-19 yang memalsukan umur. Sosok yang dicurigai adalah kapten Timnas Malaysia U-19, Aysar Hadir. Banyak orang menilai, pemain dengan nomor punggung 13 itu telah memalsukan usianya,” tulis The Thao 247.

“Saat ini panitia Piala AFF U-19 2022 maupun Federasi Sepakbola Malaysia belum memberi tanggapan soal berapa sebenarnya usia Aysar Hadi. Namun, sejumlah fans Vietnam U-19 masih skeptis dan mengungkapkan ketidakpuasan mereka,” lanjut The Thao 247.

Jika AFF tak segera menyelesaikan masalah di atas, akankah PSSI mengikuti desakan netizen yakni keluar dari AFF dan gabung Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF)? Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sendiri sudah mendengar desakan netizen soal permintaan angkat kaki dari AFF.

"Saat ini banyak netizen yang meminta Indonesia keluar dari AFF karena mereka menganggap ada permainan," kata Mochamad Iriawan mengutip dari laman resmi PSSI


(Alang)

#PialaAFFU-19 #AFF #EAFF #Sepakbola #Olahraga #PSSI