Breaking News

5 Cara Berproses dengan Damai, Selaraskan Hati dan Pikiran

Dirgantaraonline.co.id,- Kehidupan setiap manusia berbeda-beda, berbagai pengalaman pun dialami oleh masing-masing. Ada yang menyenangkan, tapi gak jarang banyak juga yang menyedihkan.

Mengharapkan sesuatu itu boleh saja, tapi kamu juga perlu menyadari bahwa dalam hidup ini ada sesuatu yang memang gak bisa diubah. Sesuatu tersebut jika gak kamu sikapi dengan baik, biasanya akan mengganggu jalannya proses hidupmu.

Berdamailah saat sedang berproses, agar kamu mampu melakukan banyak hal yang selaras antara hati dengan pikiran. Masih bingung bagaimana melakukannya? Yuk, coba ikuti lima tips berikut ini.

1. Lebih mengenal diri sendiri terlebih dulu

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali dulu dirimu sendiri secara lebih dalam. Dengan mengenali diri sendiri, maka kamu akan mampu menentukan nilai dan kualitas dari dirimu.

Nah, kemudian nilai dan kualitas tersebut kamu gunakanlah untuk menjalani proses kehidupanmu. Luangkanlah waktu untuk menenangkan diri dan memikirkan nilai beserta kualitas yang sebenarnya ada dalam diri, karena kesibukan seseorang terkadang dapat mengaburkannya dalam mengenali dirinya sendiri.

2. Menemukan tujuan hidup yang sebenarnya ingin kamu capai

Berproses dalam hidup tanpa sebuah tujuan, tentu akan sia-sia. Selain akan membuatmu kehilangan arah dan fokus, kamu pun hanya akan membuang-buang waktu dan energi saja.

Temukanlah dulu tujuan hidupmu yang sebenarnya, kemudian jangan lupa untuk mencari tahu berbagai hal yang mampu meningkatkan semangat dan motivasimu dalam mencapainya.


3. Lakukan berbagai hal yang kamu sukai

Menikmati setiap tahapan dalam proses hidup dengan melakukan kegiatan yang disukai, tentu membuatmu merasa damai dan bahagia setiap hari. Cari tahu hal-hal yang kamu gemari, lakukan hal tersebut dalam berproses, maka kamu akan menikmati hari dengan hati yang selalu gembira.

Misalnya, kamu menyukai kegiatan bersepeda. Maka, bersepedalah setiap hari setelah kamu pulang bekerja. Selain akan menyehatkan badan, pikiranmu pun akan kembali segar setelah beraktivitas seharian dalam bekerja.

Ada banyak hal lainnya, yang bisa membantumu dalam menyelaraskan hati dan pikiran setiap harinya. Jadi, pastikan kamu melakukan hal-hal yang membuat hidupmu semakin menyenangkan, ya.

4. Berperilakulah yang selaras dengan hati dan pikiran

Berperilakulah yang selaras dengan hati dan pikiran. Jalani aktivitas keseharianmu sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Setiap orang bebas dalam memilih cara hidupnya, tapi pastikanlah bahwa kamu gak melanggar norma yang berlaku.

Ketika kamu mampu berperilaku selaras dengan hati dan pikiran, maka kamu pasti mampu menjaga diri dan tahu bagaimana seharusnya kamu dalam bertingkah laku, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan bermasyarakat.

Dengan keselarasan inilah, segala proses kehidupanmu akan terasa damai dan membahagiakan, karena kamu akan bisa selalu terhubung secara baik dengan orang lain.

5. Selalu berbuat baik kepada diri sendiri dan orang lain

Berbuat baiklah ke diri sendiri dan orang-orang yang ada di sekitarmu. Kebaikan yang kamu berikan, mampu mendamaikan hati dan pikiran. Milikilah kesadaran bahwa ada sesuatu dalam hidup ini yang memang gak bisa diubah. Salah satunya adalah pengalaman di masa lalu. Yang sudah berlalu, jadikanlah sebagai pembelajaran untuk terus menjalani proses kehidupan.

Jangan terbelenggu dalam kenangan buruk di masa lalu. Sepahit apa pun hal yang kamu lalui dulu, tetaplah menjadi yang terbaik sepanjang hari. Selalu berbuat baiklah kepada diri sendiri dan orang lain. Inilah yang akan membuat proses hidup yang kamu jalani terasa damai, karena kebaikan mampu menyelaraskan hati dan pikiran.

Damailah dalam menjalani proses hidup, berusahalah untuk selalu selaras antara hati dengan pikiran. Milikilah kesadaran juga bahwa dalam hidup ini memang ada hal-hal yang gak bisa diubah. Kesadaran tersebut akan membuatmu mampu berdamai dengan diri sendiri dan perjalanan hidup yang sedang dilalui


(*)

#tips