Breaking News

Ledakan Bom di Utara Suriah Tewaskan Jenderal Rusia, Lukai Dua Tentara


D'On, Damaskus (Suriah),- Seorang mayor jenderal Rusia tewas dan dua tentara terluka setelah kendaraan yang mereka tumpangi dihantam bom improvisasi (IED) di Suriah pada Selasa (18/8/2020). Ledakan itu dikatakan terjadi di dekat ladang minyak At-Taim, sekira 15 km di luar kota Deir ez-Zor saat konvoi Rusia kembali dari aksi kemanusiaan.

"Akibat ledakan itu, tiga prajurit Rusia terluka. Selama evakuasi dan saat menerima asisten medis, seorang penasihat militer senior Rusia dengan pangkat mayor jenderal meninggal karena luka serius yang dideritanya," kata Kementerian Pertahanan Rusia sebagaimana dilansir Sputnik.

Militer mengatakan IED yang terlibat ditempatkan di sisi jalan yang dilalui konvoi Rusia.

Kontingen darat Rusia di Suriah terdiri dari pasukan Polisi Militer, yang misinya termasuk memisahkan pasukan Turki dan Suriah di utara negara itu, membantu pengiriman bantuan kemanusiaan, dan kadang-kadang, membantu pasukan Tentara Suriah menghancurkan sisa-sisa teroris.

Ini termasuk pasukan yang beroperasi di provinsi Deir ez-Zor.

Hasakah dan Deir ez-Zor mengandung sebagian besar sumber daya energi Suriah, yang dianggap penting oleh pemerintah Suriah untuk upayanya membangun kembali negara itu.

Selain Tentara Suriah dan pasukan Rusia, pasukan Amerika Serikat (AS) dan milisi yang didukung Turki juga beroperasi di daerah tersebut. Sisa-sisa kelompok militan negara Islam (IS) atau yang juga disebut dengan Daesh, dan kelompok teroris lainnya juga dilaporkan memiliki pasukan di daerah itu.

Lebih dari 120 prajurit Rusia telah tewas dalam operasi di Suriah sejak Rusia memulai operasi anti-terorisnya di negara itu pada September 2015.

(Okz/dka)