Media Malaysia Dukung Timnas India Gantikan Timnas Indonesia di AFF

D'On, Malaysia,- Penyebab media Malaysia dukung India gantikan posisi Timnas Indonesia di Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) akan diulas dalam artikel ini. Sebagaimana diketahui sebelumnya, isu Timnas Indonesia meninggalkan AFF masih terus bergulir sampai saat ini.


Hal itu buntut dari protes Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI), yang melayangkan surat protes kepada AFF terkait indikasi sepakbola gajah di Piala AFF U-19 2022 silam. Akan tetapi, AFF sendiri sudah memutuskan bahwa laporan PSSI soal laga Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19, tidak terbukti mencederai poin fair play, seperti yang diadukan PSSI.

Meski sudah membalas surat PSSI, media asing masih terus menggulirkan isu soal Timnas Indonesia yang hengkang dari AFF ke Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). Salah satu media asing itu berasal dari Malaysia, yaitu media Makan Bola.

Dalam satu laporannya, Makan Bola menyoroti seandainya Timnas Indonesia benar-benar cabut dari AFF. Mereka memuat artikel bahwa Timnas India bersedia menggantikan Timnas Indonesia di AFF.

Sekadar informasi, India sendiri sejatinya berada di bawah naungan Federasi Sepakbola Asia Selatan (SAFF). Akan tetapi, India pernah mendapat kesempatan berlaga di AFF pada pertengahan tahun lalu.

Memiliki pengalaman berlaga di AFF membuat mereka merasa lebih kompetitif ketimbang di SAFF. Pasalnya, India merasa punya saingan baru di AFF seperti Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

“Tujuan kami pindah ke AFF memastikan Timnas India bisa bersaing di kompetisi terbaik,” terang Sekretaris IAFF, Kushal Das dilansir dari Makan Bola, Minggu (31/7/2022).

Keterangan Kushal Das itu mendapat dukungan dari media Malaysia, Makan Bola. Mereka pun memuat artikel dengan headline bombastis.

“India Bersedia Gantikan Indonesia di AFF,” tulis Makan Bola dalam headlinenya.

Mereka pun membuat pernyataan jika Timnas India bergabung ke AFF bisa jadi daya tarik tersendiri bagi sepakbola Asia Tenggara. Selain itu, India bisa jadi pembeda dan menambah persaingan di AFF. Kedua hal itu jadi penyebab Makan Bola dukung Timnas India gabung AFF.

“India mampu jadi daya tarik yang lebih baik di AFF menggantikan Indonesia, jika hal ini benar-benar terjadi,” tulis Makan Bola.

“India juga bisa memberikan persaingan yang baik kepada sepakbola Asia Tenggara,” terang Makan Bola.


(Alang)


#Sepakbola #Olahraga #TimnasMalaysia #AFF #TimnasIndia

Powered by Blogger.