5 Cara Mencapai Haji Mabrur, Ketahui dan Ikuti Agar Ibadah Tidak Sia-Sia

Dirgantataonline.co.id,- Menjadi haji yang mabrur tentunya merupakan impian bagi setiap umat muslim yang pergi ke Tanah Suci. Namun untuk mencapai ke titik tersebut tidaklah mudah, diperlukan tingkat keimanan dan keikhlasan yang tinggi dari dalam diri masing-masing jamaah. Lantas bagaimana cara mencapai haji mabrur? 


Cara mencapai haji mabrur tidaklah susah. Haji mabrur sendiri merupakan ibadah haji yang diterima dan diridhoi oleh Allah SWT. Sebab ibadah hajinya telah dilakukan dengan baik dan benar serta dengan bekal yang halal, suci dan juga bersih.  

Sebagai seorang muslim, kita berhak untuk menggapai kemabruran haji. Dalam menggapainya tentu tidak sembarangan. Terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan jamaah calon haji, setidaknya mendekati derajat kemabruran haji. Lantas bagaimana cara mencapai haji mabrur? 

Cara Mencapai Haji Mabrur 

Berikut ini beberapa cara yang harus diketahui jamaah untuk mencapai haji mabrur: 

1. Luruskan Niat saat Hendak Pergi Haji 

Niat menjadi tolak ukur utama saat Anda hendak menjalankan suatu ibadah baik wajib maupun sunnah. Oleh karena itu, sebelum berangkat ke Tanah Suci pastikan untuk meluruskan niat terlebih dahulu. Jangan sampai terselip sedikitpun perasaan ingin dihargai atau ingin dibedakan derajatnya dengan manusia lain setelah menjalankan ibadah haji. 

Niatkan dalam hati jika ibadah haji yang dilakukan atas dasar keikhlasan semata hanya untuk mencari ridho Allah SWT. Sejak zaman Rasulullah tidak ada yang benar-benar mendapat predikat haji mabrur. Hanya orang-orang yang menjalankan ibadah haji dengan penuh keikhlasan dalam menjalani ibadahnya yang dapat mencapainya. 

2. Gunakan Harta yang Halal untuk Pergi Haji

Kehalalan rezeki sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup Anda. Begitu juga rezeki yang Anda gunakan untuk menjalankan ibadah haji. Pastikan menggunakan harta yang halal untuk biaya pergi haji. Hindari penggunaan uang yang berkaitan dengan riba ataupun ghahar. 

Karena harta yang digunakan untuk membiayai perjalanan haji, akan dipertanggung jawabkan. Dan bagaimana mungkin Allah akan menerima tamu yang datang dengan sesuatu yang diperangi? Karena sesungguhnya Allah dan Rasul menyatakan perang terhadap pelaku riba. 

3. Lakukan Setiap Ibadah dengan Sikap Ihsan 

Sikap ihsan yang dimaksud adalah beribadahlah seolah-olah Anda sedang berhadapan dengan Allah SWT. Hal ini akan memunculkan rasa kusyuk dalam setiap ibadah yang Anda jalani termasuk saat melakukan haji. Sikap ihsan ini juga akan menjauhkan manusia dari perbuatan rafats, fusuq, dan jidal.  

Rafats adalah pembicaraan manusia yang sia-sia atau kata-kata kotor. Fusuq adalah bentuk pelanggaran terhadap ketaatan kepada Allah SWT. Sedangkan jidal adalah kekerasan seperti pertengkaran dan juga perkelahian. Jika kita menanamkan sifat ihsan dalam diri kita, maka saat ibadah kita akan merasa sedang benar-benar berhadapan dengan Allah SWT. 

4. Perbanyak Berbuat Baik Selama Perjalanan Haji

Cara untuk menggapai haji yang mabrur lainnya yaitu dengan memperbanyak perbuatan baik selama  jamaaj dalam momentum ibadah haji. Maksimalkan sedekah, dengan cara membagi perbekalan dengan sesama jemaah haji, dan tolonglah mereka yang membutuhkan selama perjalanan ibadah haji.  

Lakukan semua perbuatan itu dengan hati yang ikhlas tanpa mengharap pamrih. Perbanyak mengalah demi kepentingan orang lain karena kelak Allah SWT akan menggantinya dengan yang jauh lebih baik. Jika Anda merasa jenuh dan tidak sanggup, ingatlah dengan tujuan derajat haji mabrur yang diinginkan.

5. Jalankan Rangkaian Ibadah Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Cara mencapai haji mabrur dengan menjalankan semua rangkaian ibadah haji sesuai tuntunan dari Rasulullah SAW. Ikuti semua bimbingan dan juga arahan yang diberikan oleh pemandu haji agar Anda tidak melakukan kesalahan selama beribadah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar tetap maksimal dalam beribadah.  

Jika terlewat atau sengaja tidak menjalankan syarat wajib dan juga rukun haji, maka dapat mempengaruhi keabsahan ibadah haji Anda. Maka niat untuk mencapai haji mabrur akan sia-sia. 

Demikian tadi ulasan mengenai cara mencapai haji mabrur. Sebagai umat muslim yang taat, hendaknya kita menjalani tuntutan ibadah haji dengan hati ikhlas dan sabar. Semoga bermanfaat dan perjalanan ibadah haji 2022 Anda lancar!

(*)

#Ibadahhaji #hajimabrur

Powered by Blogger.