Sosok Perempuan Bercadar Putih Gegerkan dan Bikin Takut Warga Lampung

D'On, Lampung,- Polisi memeriksa NH (43), perempuan yang sempat viral beberapa waktu terakhir karena mengenakan pakaian serba putih dan kaca mata untuk mengetuk pintu-pintu rumah warga di Kabupaten Pringsewu, Lampung hingga membuat resah.


Sosok tersebut terlihat sering mondar-mandir bahkan duduk tak bergerak sama sekali di teras rumah warga. Begitu ada warga yang melintas, sosok berjubah serba putih, bercadar dan kacamata hitam ini langsung meminta uang.

Meski tidak melakukan pemaksaan, tapi tindakan dari orang tersebut disebutkan membuat resah dan takut sebagian warga lantaran penampilan sosok orang tersebut dan meminta agar diberikan sejumlah uang.

Sebagian warga, mengabadikan aksi sosok berjubah serba putih itu melalui gawai (ponsel) lalu mempostingnya di laman media sosial (Medsos) facebook dan menjadi viral di dunia maya.

Belakangan sosok bercadar putih itu telah diamankan pihak kepolisian setempat. Kapolres Pringsewu, AKBP Rio Cahyowidi mengatakan sosok berjubah serba putih itu adalah NH, perempuan yang merupakan warga Pekon Bandung Barat, Kecamatan Sukoharjo, Pringsewu.

"Lantaran mendapat laporan warga yang resah atas keberadaan sosok itu, lalu NH diamankan Minggu pagi kemarin sekitar pukul 10.00 WIB di wilayah Kecamatan Sukoharjo," ujar Rio saat dikonfirmasi, Senin (16/5).

Rio mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan dengan didampingi pihak keluarganya dan aparat Pemerintahan Pekon setempat, motif NH meminta sumbangan kepada warga ini, lantaran depresi terlilit utang puluhan juta rupiah dari sebuah aplikasi pinjaman online (Pinjol). Kegiatan yang dilakukan NH, sudah dilakukan selama kurun waktu satu tahun terakhir.

"Uang yang didapat NH dari meminta sumbangan ini, digunakan oleh NH untuk membayar hutang dari 11 aplikasi Pinjol yang nominalnya Rp.39 juta," kata dia.

Berdasarkan pemeriksaan, sambung Rio, NH tidak melakukan suatu tindak pidana namun hanya meresahkan sebab memakai pakaian jubah tertutup, bercadar dan kacamata.

"Kejadian itu sudah diselesaikan, dan NH sudah membuat video pernyataan permintaan maaf kepada masyarakat Lampung dan khususnya Kabupaten Pringsewu dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya," katanya.

Pinjol Ilegal

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, "Dia (NH) menjadi tukang punggung keluarga. Dia single parent membesarkan anaknya. Di tengah pandemi Covid-19, dia mengalami kesulitan ekonomi sehingga melakukan pinjol. Bukan hanya satu pinjol, tapi 11 pinjol dengan total nilai Rp 39 juta."

Ia menyebutkan pinjol yang mengejar-kejar NH kebanyakan merupakan ilegal dan tidak terdaftar.

NH, kata Pandra, merasa terintimidasi dan mendapat ancaman untuk segera melunasi utangnya tersebut. Hal itu yang kemudian diduga menjadi alasan ia beranjak dari satu rumah ke rumah lain untuk meminta uang kepada warga.

Pandra menerangkan NH memakai busana tertutup serba putih itu setelah berpisah dengan suaminya sejak 2012 silam.

"Perlu diketahui, dia pakai pakaian tertutup serba putih itu, dia lakukan semenjak pisah sama suaminya. Jadi itu bukan modus untuk menakuti-nakuti warga," kata Pandra.

(zai, mjo/kid)

#PerempuanMisterius #Viral #Peristiwa

Powered by Blogger.