Khutbah Jumat Ramadhan di Masjid Al- Bahri, Wako Hendri Serap Aspirasi Warga Kelurahan Anduring

D'On, Padang (Sumbar),- Wali Kota Padang Hendri Septa mengisi khutbah Jumat minggu pertama di bulan Suci Ramadhan 1443 H, di Masjid Al-Bahri, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Jumat (8/4/2022). 


Dalam wasiat khutbahnya, orang nomor satu di Kota Padang itu mengajak jamaah masjid Al-Bahri untuk selalu dan selalu meningkatkan iman dan takwah kepada Allah SWT.

"Kita tidak akan tahu kapan kematian akan menghampiri kita. Oleh sebab itu kita perlu menyiapkan diri agar kita mati dalam keadaan khusnul khatimah," ucap Wako Hendri Septa.

Dalam khutbahnya, Wako Hendri Septa mengajak jamaah untuk sabar dalam menjalani kehidupan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 45 yang terjemahannya. 

"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk'.

"Manusia adalah tempat salah dan khilaf. Dalam kehidupan sehari-hari tidak jarang kita merasa terluka dengan sikap dan ucapan manusia lainnya. Namun demikian, kita tetap mesti bersabar, karena sabar bagian dari iman," ucapnya Wako. 

"Nabi Muhammad SAW membagi tingkatan sabar menjadi tiga bagian yakni sabar menghadapi musibah, sabar untuk tidak melakukan maksiat dan sabar menjalani ketaatan. Jika mampu menjalaninya, insha Allah SWT akan mengangkat derajat kita," lanjut Wako Hendri Septa. 

Diakhir khutbahnya, Wako Hendri Septa mengajak jamaah untuk memperbanyak amal ibadah dibulan suci Ramadhan. Seperti shalat sunnah, baca Alquran, infak dan sedekah, serta amalan lainnya. 

Usai khutbah jumat tersebut, Wako Hendri Septa melakukan dialog dengan jamaah masjid Al-Bahri terkait permasalahan-permasalahan yang terjadi di lingkungan tempat tinggal mereka. Ada berbagai permasalahan dan keinginan yang diutarakan masyarakat kepada wali kota. 

Diantaranya permintaan perbaikan jalan Bandes yang sudah mulai rusak, meminta lampu penerangan jalan, perbaikan riol dan drainase, permintaan becak motor sampah serta permintaan mobil ambulance untuk masjid Al-Bahri.

"Setiap permasalahan dan usulan yang disampaikan ini inshaallah akan segera kita tindaklanjuti. Terkait permintaan ambulance, kami meminta pengurus Masjid untuk membuat proposal agar bisa kita ajukan ke komisi VIII DPR RI," ucap Wako Hendri Septa. 

Diakhir kegiatan, Pemerintah Kota Padang menyerahkan bantuan hibah untuk masjid Al-Bahri sebesar Rp.10 juta. Bantuan tersebut bersumber dari APBD Kota Padang. 

(Ady/Prokopim Pdg)


#PemkoPadang #Padang


Powered by Blogger.