Menjelang Subuh, Gempa 6,9 di Nias Selatan Bikin Panik Warga Padang

D'On, Padang (Sumbar),- Menjelang subuh, disaat sebagian masyarakat tengah terbuai mimpi, tiba-tiba warga Sumatera Barat dikagetkan oleh getaran gempa cukup kuat. Peristiwa gempa tektonik terjadi pada hari, Senin (14/3/2022) Pukul. 04:09:21 WIB.


Warga yang merasakan guncangan gempa langsung berhamburan keluar rumah. BMKG menyampaikan telah terjadi gempa bumi dengan parameter sementara sebagai berikut:

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 04:09:21 WIB, Senin (14/3/202) dengan berkekuatan 6,9 SR. Lintang 0.71 LS, Bujur 98.50 BT, Kedalaman 25 Km.

Pusat gempa 161 Km Tenggara Nias Selatan, Sumatera Utara dengan kedalaman 25 Km, 173 Km Barat Daya Pasaman Barat - Sumbar, 176 Km Barat Daya Agam-Sumnar, 237 Km Barat Daya Agam-Sumbar 1106 Km Barat Laut Jakarta-Indonesia dan tidak berpotensi tsunami.

Hingga berita ini ditulis belum diperoleh informasi tentang dampak yang ditimbulkan oleh gempa tersebut. (Red).

M Farhan salah seorang warga kuranji merasakan guncangan gempa yang besar.

"Saya lagi tidur pulas, kaget dengan adanya gempa bumi terasa sekali dan langsung keluar," ungkap Farhan saat dikonfirmasi Radar BI Sabtu, (14/3/2022) pukul.4.56 WIB.

Perlu diketahui kebanyakan gempa bumi berasal dari kerak bumi yang tidak jauh dari bawah tanah. Kadang gempa juga bisa terjadi sangat jauh dibawah permukaan bumi.

Letak negara kita yang berada di atas tiga pertemuan lempeng tektonik, yakni lempeng Pasifik, Indo-Australia, dan Eurasia, ditambah dengan adanya ratusan gunung berapi yang masih aktif, menyebabkan Indonesia kerap mengalami peristiwa alam seperti gempa bumi.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,7. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,71° LS ; 98,50° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 6 Km arah Selatan Hibala, Nias Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 25 km.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Padang, Siberut, Nias Selatan, Gunungsitoli dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Perlu diketahui di daerah Padang Panjang, Bukittinggi, Pasaman Barat, Tuapejat, Pariaman dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Selian itu, terasa getaran seakan akan truk berlalu), Dhamasraya, Payakumbuh, Kerinci, Tapanuli Selatan, Pesisir Selatan, Batusangkar, Padang Pariaman, Solok dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG mengatakan, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah, ujarnya Bambang Setiyo Prayitno, M.Si.

Laporan: Dedi Prima

#GempaNiasSelatan #GempaBumi #BencanaAlam


Powered by Blogger.