Breaking News

OPM Klaim Tembak Mati Seorang Prajurit TNI saat Kontak Senjata di Intan Jaya

D'On, Intan Jaya (Papua),- Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengklaim telah melakukan penembakan yang menewaskan seorang anggota TNI dalam kontak senjata di Pos Titigi Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Minggu (6/2) pagi.


"Pasukan TPNPB berhasil tembak mati satu anggota TNI/Polri atas nama Enos Aninam (Orang Asli Papua)," kata Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom dalam keterangan tertulis, Minggu (6/2).

Dia mengatakan bahwa pasukan Kodap VIII Kemabu Intan Jaya di bawah pimpinan komando Undius Kogoya itu melakukan penyerangan kedua di Sugapa. Kontak senjata kemudian terjadi pada pukul 06.00-08.00 WIT.

Sebby menyebut, berdasarkan laporan dari Undius Kogoya, kontak senjata akan dilanjutkan dengan melawan TNI/Polri. Ia kemudian mengingatkan tuntutan TPNPB-OPM yang menginginkan Indonesia, Belanda, Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengakui kesalahan aneksasi Papua barat ke dalam wilayah NKRI yang menurut mereka dilakukan dengan cara yang curang dan tidak adil.

Sebby juga mengklaim pasukan TPNPB telah menguasai distrik Sugapa, Intan Jaya, sementara pasukan TNI/Polri tengah berkumpul di area Kantor Bupati Intan Jaya. Ia menyebut, TPNPB masih siaga dan bersiap melanjutkan kontak senjata selanjutnya.

"TPNPB-OPM menyatakan kami akan serang besar-besaran dalam waktu yang sedang berlangsung," kata dia.

(cnn)


#TPNPB#OPM#KKB#TNI